PENGARUH POLA ASUH ORANGTU A TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MOTIVASI BELAJAR (STUDI PADA SISWA KELAS IV, V, VI GUGUS 2 KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG)

Widya Novia Hedyanti, Sudarmiatin Sudarmiatin, Sugeng Utaya

Abstract


Family has a very important contribution to education because the family is the first and foremost in the world of early childhood education and continuing education of children. Appropriate care will motivate children to obtain optimal learning achievement. This type of research is ex post facto. The sample was 123 students in five schools that are members of the Cluster 2 Ngantang. Data were collected using a questionnaire as an instrument of variable patterns of parenting and motivation to learn., While learning outcomes are from the daily tests. The results of the questionnaire will be analyzed using path analysis and assisted with SPSS for Windows version 23. The results of data analysis showed that 1) There is a significant direct effect between parenting on the learning achievement of children and parenting on children learning motivation, 2) There is a significant direct effect between student’s motivation to IPS student achievement; 3) There is no direct influence between parenting on student achievement through learning motivation. Variable motivation to strengthen the direct influence of parenting on learning achievement IPS students.

Keluarga memiliki kontribusi yang sangat penting terhadap dunia pendidikan karena keluarga merupakan orang yang pertama dan utama dalam dunia pendidikan awal anak dan kelanjutan pendidikan anak. Pengasuhan yang tepat akan memberikan motivasi pada anak untuk mendapatkan prestasi belajar yang optimal. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Sampel yang digunakan berjumlah 123 siswa di lima sekolah yang tergabung dalam Gugus 2 Kecamatan Ngantang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket sebagai instrumen dari variabel pola asuh orangtua dan motivasi belajar., sedangkan hasil belajar diambil dari nilai ulangan harian. Hasil dari angket akan dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (path analyzis) dan dibantu dengan SPSS for windows versi 23. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar anak dan pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar anak, 2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa; 3) Terdapat pengaruh tidak langsung antara pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar. Variabel motivasi belajar memperkuat pengaruh langsung pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar IPS siswa.


Keywords


Parenting; Motivation; Achievement; Pola Asuh; Motivasi; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Fatih, M. 2013. Pengaruh Pola Asuh dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa SDN Kepanjen Kidul 3 Kota Blitar. Tesis tidak diterbitkan. Malang. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Hamdu, G, Agustina. L. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. ISSN 1412-565X.

Mappeasse, Y. M. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 2.

Mc. Clelland, D. C. 1985. Human Motivation. Illinois: Scott, Foresman & Company.

Mee, C.K, Jano, Z., Hussin, H. 2015. The Relationship between Motivational Factors and Mandarin Performance in a Higher Education Institution. Asian Social Science; Vol. 11, No. 17.

Prabasangka, Y. W. 2013. Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar IPS Melalui Disiplin dan Motivasi (Studi pada Siswa Kelas X dan XI SMKN 1 Banyuwangi). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rahayu, L. 2009. Hubungan Gaya Pengasuhan Orangtua, Disiplin, Belajar, dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN di Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Riduan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi 5. Volume 1. Jakarta: Erlangga.

Sardiman, A. M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shochib, M. 1998. Pola Asuh Orangtua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Turner, A. E, Chandler, M, Heffer, R.W. 2009. The Influence of Parenting Styles, Achievement Motivation, and Self-Effivavy on Academic Performance in College Students. Journal of College Student Development, Vol. 50 Number 3, pp. 337—346.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License