WUJUD KESANTUNAN TINDAK DIREKTIF GURU TAMAN KANAK-KANAK

Anisa Ulfah, Nurhadi Nurhadi, Muakibatul Hasanah

Abstract


The aim of this study is to describe the act of politeness directive form of Kindergarten’s teacher in studies interaction. This study use a qualitative research. While, the type of language research to study of sociopragmatics. The result shown that politeness language of Kindergarten’s teacher to extend directive act for students formed by (a) using diction, (b) using sentence, (c) using songs, and (d) using gestures. The diction which shows the politness is greeting words, passive verb di-, and tag ya. The sentence used is imperative sentences, introgative sentences, and declarative sentences.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kesantunan tindak direktif guru TK dalam interaksi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini ialah penelitian bahasa dengan kajian sosiopragmatik. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kesantunan bahasa guru TK dalam memberikan tindak direktif kepada siswa diwujudkan melalui (a) penggunaan kata (diksi), (b) penggunaan kalimat, (c) penggunaan lagu, dan (d) penggunaan isyarat. Pilihan kata yang menunjukkan kesantunan, meliputi kata sapaan, kata kerja pembentuk pasif di-, dan interjeksi ya. Adapun kalimat yang digunakan yaitu kalimat imperatif, kalimat interogatif, dan kalimat deklaratif.


Keywords


politeness; directive act; kindergarten teacher; kesantunan berbahasa; tindak direktif; guru TK

Full Text:

PDF

References


Amirudin, T. 2011. Penggunaan Kesantunan Tindak Direktif Berbahasa Indonesia Guru dalam Pembelajaran di Kelas: Kajian Etnografi Komunikasi di SMPN 3 Pitu Riase, Kabupaten Sidenreng Rappang). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Chaer, A. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Cummings, L. 1999. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Dalam Abdul Syukur Ibrahim. 2007. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Balitbang.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Balitbang.

Hurlock, E.B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Dalam Ridwan Max Sijabat (Ed). Tanpa tahun. Jakarta: Erlangga.

Leech, G. 1983. The Principles of Pragmatics. Terjemahan oleh M.D.D. Oka. 1993. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Pranowo. 2012. Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwo, B.K. 1984. Deiksis dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahardi, K. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ramadhan, S. 2007. Representasi Kesantunan Tindak Tutur Berbahasa Indonesia Guru dalam Pembelajaran di Kelas: Kajian Etnografi Komunikasi di SMA PMT Hamka Padang Pariaman. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Samsuri. 1987. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Searle, J. 1981. Expression and Meaning. Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License