PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN PENDEKATAN MOLEKULAR TAKSONOMI HEWAN VERTEBRATA

Haqqi Anajili Setyanto, Mohamad Amin, Umie Lestari

Abstract


Textbook is a book that is used to achieve the learning objectives in the learning activities. One type textbook is the supplements book. The supplements book have characteristics not integrated with the learning objectives directly, but the goal is to reinforce the concepts on the learning objectives to be achieved. Supplement books developed using the book contains a molecular approach to subjects Vertebrate Animal Taxonomy with Borg and Gall development model. The book supplements validated by subject matter experts, development specialists, and tested individually at 12 students. Material validation results demonstrate the value of 90.53%, 87.63% validation of the development of the book, and test results readability 85.06%. Overall the book is developed in the category of valid and good.

Buku ajar merupakan buku yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu jenis buku ajar adalah buku suplemen. Buku suplemen memiliki karakteristik tidak terintegrasi dengan tujuan pembelajaran secara langsung, namun memiliki tujuan untuk memperkuat konsep-konsep pada tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Buku suplemen yang dikembangkan menggunakan merupakan buku berisi pendekatan molekular untuk matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata dengan model pengembangan Borg and Gall. Buku suplemen divalidasi oleh ahli materi, ahli pengembangan, dan diuji coba perorangan pada 12 mahasiswa. Hasil validasi materi menunjukkan nilai 90,53%, validasi pengembangan buku 87,63%, dan hasil uji keterbacaan 85,06%. Secara keseluruhan buku yang dikembangkan dalam kategori valid dan baik.


Keywords


Pomelo farmers; Magetan; Nata; Booklet; Development; buku suplemen; pendekatan molekular; taksonomi hewan vertebrata

Full Text:

PDF

References


Amin, M dan Lestari, U. 2015. Identifikasi Keragaman Genetik Kerbau Lokal Populasi Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat Berbasis Mikrosatelite sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau Secara Ex Situ. Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya di FMIPA Universitas Negeri Malang.

Amin, M. 2003. Characterization and application of molecular marker in Peking Duck and other waterfowl species..Goettingen: Cuviller Verlag.

Amin, M. 2010. Implementasi Hasil-Hasil Penelitian Bidang Biologi Dalam Pembelajaran. Proseding Seminar Biologi. Vol.1 No.7. Diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/1202.

Amin, M. 2015. Biologi sebagai Sumber Belajar untuk Generasi Masa Kini dan Mendatang yang Berintegritas dan Berperadapan Tinggi. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Kemristekdikti. Universitas Negeri Malang.

Amin, M. dan Lestari, U. 2013. Pemetaan Keragaman Genetik Berbasis Mikrosatellite dan Diversitas Geografis Habitat Kerbau Lokal Indonesia dengan Gen Cytochomre B sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau Secara Ex Situ dan Upaya Pembibitan Unggul. Laporan Kemajuan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Amin, M. dan Lestari, U. 2014. Pemetaan Keragaman Genetik Berbasis Mikrosatellite dan Diversitas Geografis Habitat Kerbau Lokal Indonesia dengan Gen Cytochomre B sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau Secara Ex Situ dan Upaya Pembibitan Unggul. Laporan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang Amin, M. dan Lestari, U. 2014. Identifikasi Keragaman Genetik Kerbau Lokal Populasi Jawa Timur Dan Nusatenggara Barat berbasis Mikrosatellite sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau secara EX SITU. Makalah Seminar Nasional Biologi. FMIPA UM.

Amin, M. dan Maslikah, S.I. 2011. Identifikasi Variasi Genetik Kerbau Lokal Tana Toraja Berbasis Mikrosatellite: Upaya Konservasi Plasma Nutfah dan Penyediaan Bibit Unggul Kerbau di Wilayah Indonesia Timur. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidkan Dasar dan Menengah.

Ereshefsky, M. 2007. Systematic and Taxonomy. University of Ucalgary

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Praseleksi Buku Nonteks. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nabila, C. N. 2010. Makhluk Hidup Dalam Pohon. Institut Teknologi Bandung Press: Bandung.

Nugraha. A. W. 2015. Isolasi Gen Pengkelat Logam Berat Merkuri (Hg) dari Bakteri Indigen Limbah Cair Agar Untuk Bahan Pengembangan Buku Ajar Pengantar Bioteknologi di Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Malang. Malang: Universitas Malang Westfall, Scottie. 2012. Morphology vs. molecular evidence in determining taxonomy and phylogeny. Natural History. http://retrieverman.net/

Suhardjono. 2008. Menyusun Bahan Ajar agar tujuan perkuliahan tercapai dengan lebih menyenangkan. Makalah pada Workshop penyusunan bahan ajar Hibah A2 Jurusan Sipil Faklutas Teknik Universitas Brawijaya, 26 Mei 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License