PELATIHAN TENUN IKAT DI RUMAH PINTAR SONAF SOET HINEF (ANALISIS DAMPAK PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA PEREMPUAN PENENUN)

Samrid Neonufa, Hardika Hardika, Zulkarnain Nasution

Abstract


This research aism to descibe weaving bond training process and analyze training impact in improving the families welfare of women weavers. The method used in this research is a qualitative research with case study type. In data collection using techniques (1) Observation (2) Interview and (3) Documentation. The results achieved in this paper is implementation process weaving bond training that is (1) preparation phase, (2) the implementation phase and (3) evaluatin phase. Weaving training in Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef implemented using the approach Andragogy with demonstration technique. With this training further the knowledge, skill and attitudes of the trainee, boost confidence, and increase labor productivity of woman weavers.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pelatihan tenun ikat dan menganalisis dampak pelatihan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga perempuan penenun. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik (1) Obeservasi, (2) Wawancara dan (3) Dokumentasi. Hasil yang dicapai dalam penulisan ini adalah proses pelaksanaan pelatihan tenun ikat yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap evaluasi. Pelatihan tenun ikat di Rumah Pintar Sonaf Soet Hinef dilaksanakan menggunakan pendekatan andragogi dengan teknik demonstrasi. Dengan adanya pelatihan tenun ikat ini semakin menambah pengetahuan, keterampilan, sikap peserta pelatihan, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan produktivitas kerja perempuan penenun


Keywords


the impact of training; NTT weaving; dampak pelatihan; tenun ikat NTT

Full Text:

PDF

References


Antara news. 2016 http://www.antaranews.com/print/166690/tenun-ikat-ntt-didorong-rebut-pasar-global diakses 15 April 2016

Nawawi, H. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Gajah Mada Universitas Press.

Marzuki, S. 2010. Pendidikan Non Formal (Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, Andragogi). Bandung: Rosda.

Moedzakir, D. 2010. Desain dan Model Penelitian Kualitatif, (biografi fenomenologi, teori grounded, etnografi dan studi kasus). Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Malang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Cutra Umbara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License