KONSTRIBUSI PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, PENGALAMAN PRAKERIN, DAN KREATIVITAS TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA

Lia Nur Enis Ratna Wijayanti, Tri Atmadji Sutikno, Sukarnati Sukarnati

Abstract


Purpose of this research was to determine the contribution of entrepreneurial knowledge, experience of industry practices, and creativity towards entrepreneurship readiness of vocational students computer engineering and network in Nganjuk. The design of the study using a quantitative approach. The samples used are as many as 200 students. Data were collected by questionnaires. Data analysis included descriptive prerequisite test, and regression analysis. The results showed: (1) the contribution of entrepreneurial knowledge on the readiness of entrepreneurship 50.1%; (2) The contribution of industry experience working practices to the readiness of entrepreneurship 47.7%; (3) contribution to the readiness of entrepreneurial creativity of 49.7%; and (4) the contribution of entrepreneurial knowledge, experience prakerin, and creativity to simultaneously towards entrepreneurship readiness of 61.5%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstribusi pengetahuan kewirausahaan, pengalaman prakerin, dan kreativitas terhdap kesiapan berwirausaha siswa SMK TKJ di Kabupaten Nganjuk. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 200 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen angket. Analisis data  terdiri dari deskriptif, uji prasyarat, dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) konstribusi pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 50,1%; (2) konstribusi pengalaman prakerin terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 47,7%; (3) konstribusi kreativitas terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 49,7%; dan (4) konstribusi pengetahuan kewirausahaan, pengalaman prakerin, dan kreativitas terhadap secara simultan terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 61,5%.


Keywords


entrepreneurial knowledge; experience of industry practices; creativity; and entrepreneurship readiness; pengetahuan kewirausahaan; pengalaman prakerin; kreativitas; dan kesiapan berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2013. Kewirausahaan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Anastasia, O. K. 2007. Kesiapan Berwirausaha Tingkat III SMK Kelompok Bisnis Manajemen Program Keahlian Penjualan di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Anwar. 2001. Pelaksanaan Program Pendidikan Sistem Ganda Pada SMK di Kota Kendari, (Online), (http://www.depdiknas.go.id/jurnal/41/anwar.html), diakses 27 Januari 2016.

Bappeda, Jawa Timur. 2013. Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur: Kabupaten Nganjuk. (Online), (http://bappeda.jatimprov.go.id/bappeda/wp-content/uploads/potensi-kab-kota-2013/kab-nganjuk-2013.pdf), diakses 22 September 2015.

Ekpoh, U.I & Edet, A.O. 2011. Entrepreneurship Education and Career Intentions of Tertiary Education Students in Akwa Ibom and Cross River States, Nigeria. International Education Studies, 4 (1): 172—178.

Frincess, H. 2011. Be an Entepreneur (Jadilah Seorang Wirausaha) Kajian Strategis Pengembangan Wirausaha. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jusmin, E. 2012. Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik, dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan, terhadap Kesiapan Berwirausaha. Jurnal Kependidikan, 42 (2): 144—151.

Milla, H. 2013. Pendidikan Kewirausahaan: Sebuah Alternatif Mengurangi Pengangguran Terdidik dan Pencegahan Korupsi. Jurnal Al-Ta’lim, 1 (6): 465—471.

Mukhadis, A. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran Bidang Teknologi. Malang: Bayumedia Publishing.

Nurbaya, S. 2012. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kesiapan Berwirausaha Siswa SMKN Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21 (2): 95—105.

Pujiastuti, E.E., Utomo, H.S. & Suratna. 2012. Meningkatkan Daya Saing Bangsa Melalui Perubahan Paradigma Berpikir Lulusan Perguruan Tinggi dari Job Seekers Kepada Job Creators. Pengembangan Human Capital, Perspektif Nasional, Regional, dan Global. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Republika. 12 Maret 2015. Jumlah Pengusaha Indonesia Hanya 1,65 Persen. http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/03/12/nl3i58-jumlah-pengusaha-indonesia-hanya-165-persen). Diakses tanggal 17 April 2016.

Republika. 2 Januari 2016. Ini Kesiapan Pemerintah Menghadapi MEA. http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/16/01/05/o0hnma299-ini-kesiapan-pemerintah-menghadapi-mea. Diakses pada tanggal 18 April 2016.

Santi, M. E. 2013. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Kopetensi Keahlian, dan Intensitas Pendidikan Kewirausahaan dalam Keluarga terhadap Kesiapan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Humaniora. 127—135.

Sindonews. 5 Mei 2015. Jumlah Pengangguran Bertambah Jadi 7,45 Juta Orang. (Online), (http://ekbis.sindonews.com/read/997601/34/jumlah-pengangguran-bertambah-jadi-7-45-juta-orang-1430816593), diakses 27 Januari 2016.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suaramerdeka. 24 November 2010. Benahi Kualitas dan Fokus Wirausaha. (Online), (http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/11/24/130920/Ben), diakses 27 Januari 2016.

Sugiarto, I. 2011. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berpikir Holistik dan Kreatif. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supraba, S & Rahdiyanta, D. 2013. Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan di Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (3): 347—358.

Suryana. 2011. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Suryana. 2014. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru, Mengubah Ide Menjadi Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Susanto. A. B. 2007. Leaderpreneurship Pendekatan Strategik Managemen dalam Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License