PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI THINK PAIR SHARE (TPS) DI SEKOLAH DASAR

Erika Puspitasari, Punaji Setyosari, Ach. Amirudin

Abstract


This study aims to improve motivation and learning outcomes through the Think Pair Share (TPS). Subjects were students of class IV SDN Margomulyo 02 Blitar. Type of research is classroom action research. Collecting data using questionnaires and test sheets. Data were analyzed using descriptive analysis. Results penilitian namely (1) there is an increased motivation to learn through TPS with an average score of the first cycle to the second cycle of 18%. (2) there is an increase learning outcomes through TPS with an average score of the first cycle to the second cycle by 14%. Advice given more time guiding students through group discussion so that students can actively work together in groups.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar melalui Think Pair Share (TPS). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Margomulyo 02 Blitar. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penilitian yaitu (1) terdapat peningkatan motivasi belajar melalui TPS dengan skor rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 18%. (2) terdapat peningkatan hasil belajar melalui TPS dengan skor rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 14%. Saran yang diberikan lebih membimbing siswa saat diskusi kelompok agar siswa secara aktif dapat bekerja sama dalam kelompok.


Keywords


motivation; learning outcomes; Think Pair Share (TPS); motivasi; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Bariroh, M., & Hidayah. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Prestasi

Belajar Siswa Kelas VII MTS Negeri Ngronggot Nganjuk. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dimyati & Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Isjoni. 2009. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.

Nurjanah. 2012. Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS bagi Siswa Kelas IV

SD Negeri 1Blimbing, Karangnongko, Klaten Tahun 2012/2013. Klaten: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prathiwi, Dantes, Natajaya. 2012. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)

terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus

VIII Kecamatan Buleleng. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.

Sari,W. & Jekti, P. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (ThinkPair Share) dengan Media Berbasis

Website Untuk Meningkatkan Motivasi dan HasilBelajar Biologi (Siswa Kelas X-C di SMAN 2 Tanggul-Jember Tahun

Pelajaran 2012/2013). Jember: Universitas Negeri Jember.

Slavin, R. E. 1995. Cooperative learning; The¬ory, Research and Practice. Boston: Allyn & Bacon.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License