PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI THINK PAIR SHARE (TPS) DI SEKOLAH DASAR
Abstract
This study aims to improve motivation and learning outcomes through the Think Pair Share (TPS). Subjects were students of class IV SDN Margomulyo 02 Blitar. Type of research is classroom action research. Collecting data using questionnaires and test sheets. Data were analyzed using descriptive analysis. Results penilitian namely (1) there is an increased motivation to learn through TPS with an average score of the first cycle to the second cycle of 18%. (2) there is an increase learning outcomes through TPS with an average score of the first cycle to the second cycle by 14%. Advice given more time guiding students through group discussion so that students can actively work together in groups.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar melalui Think Pair Share (TPS). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Margomulyo 02 Blitar. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penilitian yaitu (1) terdapat peningkatan motivasi belajar melalui TPS dengan skor rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 18%. (2) terdapat peningkatan hasil belajar melalui TPS dengan skor rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 14%. Saran yang diberikan lebih membimbing siswa saat diskusi kelompok agar siswa secara aktif dapat bekerja sama dalam kelompok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bariroh, M., & Hidayah. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Prestasi
Belajar Siswa Kelas VII MTS Negeri Ngronggot Nganjuk. Malang: Universitas Negeri Malang.
Dimyati & Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Isjoni. 2009. Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.
Nurjanah. 2012. Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS bagi Siswa Kelas IV
SD Negeri 1Blimbing, Karangnongko, Klaten Tahun 2012/2013. Klaten: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Prathiwi, Dantes, Natajaya. 2012. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus
VIII Kecamatan Buleleng. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.
Sari,W. & Jekti, P. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (ThinkPair Share) dengan Media Berbasis
Website Untuk Meningkatkan Motivasi dan HasilBelajar Biologi (Siswa Kelas X-C di SMAN 2 Tanggul-Jember Tahun
Pelajaran 2012/2013). Jember: Universitas Negeri Jember.
Slavin, R. E. 1995. Cooperative learning; The¬ory, Research and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6589
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |