KAJIAN PENDEKATAN SAINTIFIK BUKU SISWA GEOGRAFI SMA BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Ana Susiati, Sugeng Utaya, Singgih Susilo

Abstract


Scientific approach-based learning which is currently on going can be implemented if it is supported by the learning components arranged based on Curriculum 2013, one of them is learning material such as students’ book. Most of the students’ books which are distributed and used by most of the senior high school students are not based on the scientific approach, so a further study is needed to be conducted. The study on this book was conducted to analyze whether the materials of the book have represented the steps of the scientific approach or not. This research belongs to the content analysis. This research was conducted by analyzing the materials using descriptive analysis method based on the criteria of scientific learning’s assessment in Curriculum 2013. According to the research’s result and discussion, it can be concluded that the scientific approach has not been delivered ideally; there are some principles which have not been given that makes geography learning will not go well. Based the finding mentioned, it is suggested to add the scientific steps which are suitable in discussing the materials.

Pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang saat ini sedang berlangsung dapat dilaksanakan jika didukung oleh komponen pembelajaran yang disusun sesuai dengan kurikulum 2013, salah satunya bahan ajar berupa buku siswa. Buku siswa yang banyak beredar dan digunakan oleh banyak SMA masih belum berbasis pendekatan saintifik sehingga perlu dilakukan telaah lebih lanjut.  Telaah buku ini bertujuan untuk menganalisa apakah materi sudah disajikan dengan mencerminkan langkah-langkah dalam pendekatan saintifik. Penelitian ini termasuk dalam analisis isi (content analysis). Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis materi secara deskriptif berdasarkan kriteria penilaian pembelajaran saintifik Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik belum dituangkan secara ideal, ada beberapa prinsip yang belum disampaikan sehingga mengakibatkan pembelajaran geografi tidak akan berjalan dengan lancar. Berdasarkan temuan tersebut disarankan untuk menambahkan langkah saintifik yang sesuai dalam membahas materi.


Keywords


scientific approach; Curriculum 2013; students’ book; pendekatan saintifik; kurikulum 2013; buku siswa

Full Text:

PDF

References


Anshar, R. M., dkk. 2014. The Evaluation of English Electronic Books for Junior High School in Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1 (3):289—298.

Arjudin. 2013. Kajian Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Bab 2 Dalam Kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 9 November 2013.

Atsnan, M. F. & Gazali, R.Y. 2013. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan Pecahan. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 9 November 2013.

Cunningsworth, A. 1995. Choosing Your Coursebook. Oxford: Macmillan Heinemann

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintfik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyo, B. N & Suhandini, P. 2014. Geografi SMA dan MA Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial Semester 1. Solo: Global.

Nulfita, I. M. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifk dan karakter dalam Pembelajaran Sains Menyongsong Generasi Emas Indonesia, Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Sains IV. (Online), 1 (1): 1—7, (http://id.portalgaruda.org), diakses 15 Mei 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta. Lembaran Negara Republik Indonesia. BNSP.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Purwanto, E. dkk. 1999. Validasi Bahan Ajar IPS Geografi SLTP Berdasarkan Kurikulum 1994 di Kota Malang. Malang: Lemlit Universitas Negeri Malang.

Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumaatmaja, N. 1997. Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Akasara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License