PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA KARYAWAN PADA UD. KERAMIK KINASIH KOTA PROBOLINGGO

Firdian Tri Cahyo, Heri Pratikto, Agung Winarno

Abstract


The purpose of this research is to the describe education and skill pattern which is implemented in Kinasih Ceramic Industry. The method is qualitative which is specified into case study. The techniques of data collection are observation, interview and documentation. Research data finding data analysis is conducted by steps of data collection, reduction, categorization, data displaying and finding conclusion. The research findings show that there are three ways of education and skill involve instructor training, employee’s recruitment and employee’s cadre. Based on those research findings, it can be concluded that quality of employees’ performance increase by applying education and skill.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pendidikan dan keterampilan yang diterapkan pemilik usaha terhadap karyawan di UD Keramik Kinasih. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi dan kategorisasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga cara yang dilakukan pemilik sebagai bentuk pendidikan dan keterampilan antara lain pelatihan untuk instruktur, rekrutmen karyawan dan kaderisasi karyawan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas kinerja karyawan meningkat dengan adanya pendidikan dan keterampilan di UD Keramik Kinasih.


Keywords


education; skill; employees’performance; Kinasih ceramic; pendidikan; keterampilan; kinerja karyawan; keramik Kinasih

Full Text:

PDF

References


Awasthi, S. dan Bansal, S. 2014. A Study of Organization Culture in Public and Private Sector: Impact On Job Attitude. International Journal of Organizational Behaviour & Management Perspectives. 3, (3).

Bungin, M. B. 2014. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dipta, I. W. 2012. Memperkuat UKM Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean Tahun 2015. Jurnal Infokop. 21: 1—12.

Fatchan, A. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1994. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moleong, L. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noe, Hollenbeck, Gerhart & Wright. 2003. Human Resource Management, International Edition. New york: The McGraw-hill Companies, Inc.

Notoatmodjo, S. 1991. Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Santiasa, I. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Makalah disajikan dalam pelatihan tentang penelitian tindakan kelas bagi guru-guru SMP dan SMA di Nusa Penida, 1 Juli 2007.

Sulhan, N. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter. Surabaya: PT. JePe Press Media Utama.

Zurnali. 2004. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Perilaku Produktif Karyawan pada Divisi Long Distance PT Telkom Indonesia, Tbk, Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Pascasarjana Universitas Padjajaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License