PENGEMBANGAN BUKU TEKS TEMATIK BERBASIS KONTEKSTUAL

Firdaus Su’udiah, I Nyoman Sudana Degeng, Dedi Kuswandi

Abstract


Text book is an instructional material which is often used in learning. Text book which is used in learning should be contextual with students’ characteristic and environment. The aim of this research is to develop supplement book in learning that is thematic contextual text book which is valid, interesting, practical, and effective. Data are collected by questionnaire, test, and documentation. Based on data analysis, it shows that the text book is valid, interseting, practical, and effective to use in learning.

Buku teks merupakan bahan ajar yang sering digunakan dalam pembelajaran. Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran hendaknya kontekstual dengan karakteristik dan lingkungan siswa. Tujuan penelitian untuk mengembangkan buku suplemen dalam pembelajaran berupa buku teks tematik berbasis kontekstual yang valid, menarik, praktis, dan efektif. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, menunjukkan bahwa buku yang dikembangkan valid, menarik, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


text book; thematic; supplement; learning; contextual; buku teks; tematik; suplemen; pembelajaran kontekstual

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Astrini, L. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Petunjuk Bagi Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Berns, R. G. & Erickson, P. M. 2001. Contextual Teaching and Learnin: Preparing Students For The New Economy. The Highlight Zone Research @ Work, (Online), (5), (http://www.nccte.com), diakses 11 November 2015.

Borg & Gall. 1983. Educational Research: An Introduction. New York and London: Longman Inc.

Degeng, I. N. S. 2015. Revolusi Mental Dalam Pendidikan untuk Keunggulan Bangsa. Makalah disajikan dalam seminar nasional pendidikan dasar di Universitas Negeri Malang, 24 Mei 2016.

Ditjen Dikdasmen Depdiknas RI. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It Is Here to Stay. California USA: Corwin Press. Inc.

Komalasari, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Nurhadi. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Buku teks Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Rusmiati, I. G. A., Santyasa, I. W., & Warpala, W. S. 2013. Pengembangan Modul IPA dengan Pendekatan Kontekstual untuk Kelas V SD Negeri 2 Semarapura Tengah, Jurnal Pascasarjana, (Online), 3, (http://pasca.undiksha.ac.id), diakses 13 April 2016.

Sofnidar, & Sabil, H. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan Kontekstual, Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), 2 (2), (http://online-journal.unja.ac.id), diakses 27 April 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License