KONTRIBUSI KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI KEJURUAN SISWA PAKET KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN DI KOTA MAKASSAR

Andi Muadz Palerangi, Tuwoso Tuwoso, Andoko Andoko

Abstract


This aim of this research is to determine the contribution of self-regulated learning and social skills towards the achievement of vocational competence of vocational students packages machining engineering expertise in the city of Makassar. Type and data analysis of this study are included in the quantitative approach. The samples used as many as 150 students in class XI. Data collection techniques for the variable self-regulated learning and social skills using questionnaires while variable vocational competency achievement using tests and documentation. Data analysis included descriptive and regression. The results showed: (1) self-regulated learning contributes to the achievement of vocational competence of 7,67%; (2) social skills contribute to the achievement of vocational competence of 4,28%; and (3) contribution of self-regulated learning and social skills of students simultaneously towards the achievement of vocational competence of 40,5%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kemandirian belajar dan keterampilan sosial terhadap pencapaian kompetensi kejuruan siswa SMK paket keahlian teknik permesinan di kota Makassar. Jenis dan data analisis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 150 siswa pada kelas XI. Teknik pengumpulan data untuk variabel kemandirian belajar dan keterampilan sosial menggunakan angket, sedangkan variabel pencapaian kompetensi kejuruan menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data meliputi deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kontribusi kemandiran belajar terhadap pencapaian kompetensi kejuruan sebesar 7,67%; (2) kontribusi keterampilan sosial terhadap pencapaian kompetensi kejuruan sebesar 4,28%; (3) kontribusi kemandirian belajar dan keterampilan sosial siswa secara simultan terhadap pencapaian kompetensi kejuruan sebesar 40,5%.


Keywords


self-regulated learning; social skills and the achievement of vocational competence; kemandirian belajar; keterampilan sosial dan pencapaian kompetensi kejuruan

Full Text:

PDF

References


Agus, K. 2013. Kontribusi Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Kendaraan Ringan terhadap Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Invotek, Universitas Pendidikan Indonesia, Volume 2 (3):7—15.

Anwar. 2012. Kecakapan Hidup (Life Skill). Bandung. Alfabeta.

Badan Pusat Statistik. 2015. Berita Resmi Statistik. No. 47/05/Th. XVIII, tanggal 5 Mei.

Baiti. A.A. 2014. Pengaruh Pengalaman Praktik, Prestasi Belajar Dasar Kejuruan dan Dukungan Orangtua terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 4 (2):164—180.

Clarke & Winch. C. 2007. Vocational Education International Approach Developmenth and System. New York; Routledge.

Creswell, W.J. 2013. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Goleman, D. 2007. Social Intelegence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Putrianingrum, W 2009. Survei Tentang Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Se-Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Partnership for 21st Century Skills. 2007. Framework for 21st century learning. Retrieved Februari 2016 from http://www.p21.org/documents/ProfDev.pdf.

Purwanto, T. 2013. Pengaruh Kemampuan Bersosialisasi, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Beradaptasi terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Elektronika Industri Terapan Siswa Kelas Xi Smk Negeri 2 Pengasih. Skrpisi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Elektro FT UNY.

Prayuda, R. 2014. Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi. FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Prasetyaningsih, A. 2013. Hubungan Kemandirian Belajar dan Interaksi Edukatif dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Se-kecamatan Purworejo. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: FKIP PGSD Universitas Negeri Sebelas Maret.

Rustakahak. 2014. Hubungan Antara Social Skill dengan Prestasi Belajar Siswa. Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Riduwan. 2007. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rogahang. 2011. Kematangan Vokasional Siswa SMK Negeri 2 Manado. Jurnal Elektromatika, Volume. 1 (1); 33—43.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta

Syahril, I. 2012. Model Analisis Pencapaian Kompetensi Kejuruan Berdasarkan Fasilitas Praktik pada Sekolah Menengah Kejuruan dengan Pendekatan Sistem Dinamis: Studi Analisis Fasilitas Praktik pada Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan LPPM P4TK BMTI Bandung Vol. 13 (2); 1—14.

Umar, T & Sulo, L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wang, Y. 2012. Education in a Changing World: Flexibility, Skills, and Employability. Washington: The World Bank.

Winarno, J. 2008. Emotional Intelegence sebagai Salah Satu Faktor Penunjang Prestasi Kerja. Jurnal Manajemen, Volume 8 (1), 12—19.

Wijaya, L. 2015. Pengaruh Perilaku Belajar, Pengenalan Diri, Pengendalian Diri, Motivasi, Empati, Keterampilan Sosial, dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di Udinus. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.

Wibowo. 2010. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zamroni. 2007. Meningkatkan Mutu Sekolah: Teori, Strategi, dan Prosedur. Jakarta: PSAP Muhammadiyah.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License