HUBUNGAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DAN POLA BERPIKIR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SERTA DAMPAKNYA PADA PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Muhamad Arifin, Ahmad Dardiri, Anik Nur Handayani

Abstract


The purpose of this study to uncover the relationship between (1) the ability of adjustment (X1) with academic achievement (Z); (2) patterns of thinking (X2) with academic achievement (Z); (3) regulated learning (Y) with academic achievement (Z); (4) ability of adjustment (X1) with regulated learning (Y); and (5) patterns of thinking (X2) with independent learning (Y). The design of this study using a quantitative approach to look at the relationships of independent variables on the dependent variable and causal relationships. Model analysis of patterns of relationships between variables using path analysis (path analysis). The study population was a graduate student to continue studying in vocational courses Higher Education on ICT. Determining the number of samples using the formula Slovin and sampling techniques using proportional random sampling. The collection of data variables (X1), (X2), and (Y) using the enclosed questionnaire and variables (Z) using the documentation. Prerequisite test analysis of this study has been qualified. To reveal the direct relationship between X1, X2, and Y to Z using multiple regression analysis with the help of SPSS software. The conclusion of this study were (1) there is a positive and significant correlation between (X1) with (Z); (2) there is a positive and significant correlation between (X2) and (Z); (3) there is a positive and significant correlation between (Y) and (Z); (4) there is a positive and significant correlation between (X1) with (Y); and (5) there is a positive and significant correlation between (X2) and (Y).

Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap hubungan antara (1) kemampuan penyesuaian diri (X1) dengan prestasi akademik (Z); (2) pola berpikir (X2) dengan prestasi akademik (Z); (3) kemandirian belajar (Y) dengan prestasi akademik (Z); (4) kemampuan penyesuaian diri (X1) dengan kemandirian belajar (Y); (5) pola berpikir (X2) dengan kemandirian belajar (Y). Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk melihat hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat maupun hubungan kausal. Model analisa pola hubungan antar variabel menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian adalah mahasiswa lulusan SMK yang melanjutkan kuliah di PerguruanTinggi pada program studi TIK. Jumlah penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dan teknik sampling menggunakan proposional random sampling. Pengumpulan data variabel (X1), (X2), dan (Y) menggunakan angket tertutup dan variabel (Z) menggunakan dokumentasi. Uji prasyarat analisis penelitian ini telah memenuhi syarat. Untuk mengungkap hubungan secara langsung antara X1, dan X2, serta Y terhadap Z menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan software SPSS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (X1) dengan (Z); (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (X2) dengan (Z); (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (Y) dengan (Z); (4) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (X1) dengan (Y); (5) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (X2) dengan (Y).


Keywords


ability of adjustment; patterns of thinking; regulated learning; academic achievement; kemampuan penyesuaian diri; pola berpikir; kemandirian belajar; prestasi akademik

Full Text:

PDF

References


Achyar. 2001. Anak Berbakat (Gifted Learnes), (Online), (http.www.depdiknas.go.id/Pppg_tertulis/08-2001/Anak-berbakat, diakses 15 Mei 2016).

Aswin, A. 2014. Sistem Pendidikan di Negara Singapura (Online), (http://layarasdos.blogspot.co.id/2014/07/sistem-pendidikan-di-singapura.html, diakses 10 Juli 2016).

Azwar, S. 2007. Tes Prestasi dan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bandura. 1997. Human Agency in Social Cognitive Theory. American Psychologist, (Online), (http://www.des.emory.edu/mfp/Bandura 1989.pdf, diakses 20 Desember 2015).

Bloom, J.W. 2010. Systems Thinking, Pattern Thinking, and Abductive Thinking as the Key Elements of Complexs Learning. The Annual Meeting of the American Educational Research Association. Northern Arizona University. 1—28.

Bono, E.D. 2000. Mengajar Berpikir. Terjemahan oleh Soemardeo. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Bruno, F.J. 2004. Kamus Istilah Kunci Psikologi. Yogyakarta: Kanisius.

Data Pokok. 2014. Keterserapan Lulusan SMK PGRI 3 Malang dan SMK N 4 Malang. (Online), (http://datapokok.ditpsmk.net, diakses 11 Oktober 2015).

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dweck, C.S. 2006. Mindset: The New Psychology of Success (1st ed.). New York: Random House.

Hasanah, A.R. 2012. Hubungan Antara Kemandirian dengan Penyesuaian Diri pada Siswa Pondok Pesantren. Naskah Publikasi Hasil Penelitian. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Maryono. 2013. Hubungan Antara Layanan Bimbingan Konseling dan Kemampuan Penyesuaian Diri dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Prodi Magister Sains Psikologi Pascasarjana UMS. Solo: Pascasarjana UMS.

Masrun, Martaniah, Martono, Hilman, F., Wulan, R. & Bawani, N.A. 2006. Studi Mengenai Kemandirian pada Penduduk. Laporan Penelitian. Kantor Menteri Negara dan Lingkungan Hidup, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Muhtadi, A. 2008. Studi Komparatif Sistem Pendidikan di Jerman dan Korea Selatan, (Online), http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132280878/12.Studi-komparatif-sistem-pendidikan-di-Jerman-dan-korea-selatan.pdf, diakses10 Juli 2016).

Murti, E.K. 2013. Pendidikan Abad 21 dan Implementasinya pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Artikel Kurikulum 2013 SMK. Hal.1—23.

Nursuprianah, I. 2011. Hubungan Pola Berpikir Logis dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Jurusan Pendidikan Matematika, (1):14—24.

Panji, A. 2015. Kesiapan Memasuki Dunia Usaha/Dunia Industri Siswa Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 38 (1):25—40.

Papalia, D.E., Olds, S.W. & Feldman, R.D. 2001. Human Development Eight Edition. New York: Mc Graw Hill, Inc.

Pujiningsih, S. 2004. Kemandirian Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Indonesia, III (1):12—18.

Riduwan dan Kuncoro. 2012. Cara Mudah Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Riswanti, H.A. 2010. Pengaruh Kemampuan Komunikasi, Pola Berpikir Kritis, dan Kepribadian terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional.

Saputro, S.T. 2012. Pengaruh Kemampuan Adaptasi dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X (1):78—97.

Schmidt, C.K. & Welsh, A.C. 2010. College Adjustment and Subjective Well-Being When Coping with a Family Member's Illness. Journal of Counseling and Development. Vol. 88, No. 4.

Semiun, Y. 2006. Teori Kepribadian-Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sudaryono., Margono, G. & Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukadji, S. 2000. Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah. Depok: Universitas Indonesia.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Suparyanto. 2011. Konsep Dasar Adaptasi, (Online), (http://dr-suparyanto.blogspot.co.id/2011/09/konsep-dasar-adaptasi.html, diakses 25 November 2015).

Susetyo, P.T. 2013. Pengaruh Kemampuan Berpikir, Gaya Belajar, dan Kemampuan Adaptasi terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK N 3 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan.Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Valle, A., Núñez, J.C., Carlos, J., Cabanach, R.G., González‐Pienda, J.E., Rodríguez, S., Rosario, P., Cerezo, R. & Muñoz‐Cadavid, M.A. 2008. Self‐Regulated Profiles and Academic Achievement. Journal Psicothema, 20 (4):724—731.

Wayne, C. 2001. Self-Directed Anticipative Learning Processes. Jurnal Humaniora, 6 (4):20—26.

Williams, D. 2004. Merubah Pola Pikir (Changing Mindset), (Online), (http://PuteraKembara.org/archives3/00000024.shtml, diakses 20 Desember 2015).

Wrosch, C., Amir, E. & Miller, G.E. 2011. Goal Adjustment Capacities, Coping, and Subjective Well-Being: The Sample Case of Caregiving for a Family Member with Mental Illness. Journal of Personality and Social Psycholpgy. 100 (5):934—946.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License