PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATAKULIAH BIOTEKNOLOGI DI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Gene isolation from sulfide-oxidizing indigenous bacteria in the river Kali Mati, subdistrict Muncar, is very potential for using as a textbook development on the subjects Biotechnology. The results of the interview explain that there is not teaching material like textbook on subjects Biotechnology yet, especially in sub-theme the application of biotechnology on the environment (bioremediation). Research and development objectives is to produce a research product in the form of a textbook that can be applied to the sub-theme the application of biotechnology on the environment (bioremediation) in subjects Biotechnology. This study is developing a textbook for subjects Biotechnology in Study Program Biology Education (S1), Mathematics and Sciences Education (FKIP) Jember University, that adapts the model development Borg and Gall. The development product, textbooks, for subjects Biotechnology in Study Program Biology Education, Jember University, has a total mean from analysis of the results of the validation and testing of small groups above 81%, so that it can be categorized as valid and worthy.
Isolasi gen pengoksidasi sulfida pada bakteri indigen di Sungai Kali Mati, Kecamatan Muncar sangat potensial untuk digunakan sebagai bahan pengembangan buku ajar pada matakuliah Bioteknologi. Hasil wawancara menjelaskan bahwa, masih belum terdapat bahan ajar yang berupa buku ajar pada matakuliah Bioteknologi terutama pada sub-tema penerapan bioteknologi terhadap lingkungan (bioremediasi). Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk penelitian berupa buku ajar yang dapat diaplikasikan pada sub-tema penerapan bioteknologi terhadap lingkungan (bioremediasi) dalam matakuliah Bioteknologi. Penelitian ini berupa pengembangan buku ajar untuk matakuliah Bioteknologi di Program Studi Pendidikan Biologi (S1) FKIP Universitas Jember yang mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall. Produk pengembangan buku ajar untuk matakuliah Bioteknologi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universias Jember, memiliki rerata total analisis hasil validasi dan ujicoba kelompok kecil di atas 81%, sehingga hal tersebut dapat dikategorikan valid dan layak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, E.P., Ismadi, Mulyani D. & Bariyah, K.2012. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Dasar-Dasar Desain Berbasis
Kearifan Lokal Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Awaliyah, T. 2008. Pengaruh Desain Sampul Terhadap Keputusan Pembelian Buku di Toko Gramedia Ambarukmo Plaza
Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Borg W.R. & M.D. Gall. 1983. Educational Research An Introduction. New York: Pearson Education Company.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidkan Dasar dan Menengah.
Hariani, S. 2009. Pengembangan Modul Perkecamba¬han Biji Berbasis Kontekstual. (Desertasi). Ma¬lang: Program Pascasarjana
Universitas Negeri Malang.
Haryati, S. 2012. Research And Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. FKIP-UTM, 37 (1):11—26.
Hernowo. 2004. Langkah Mudah Membuat Buku yang Menggugah. Bandung: MLC.
Millah, E.S, Budipramana, L. S. & Isnawati. 2012. Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi di Kelas XII SMA IPIEMS
Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). BioEdu. Vol. 1, No. 1.
Ngadimun, D.H. 2013. Penyusunan Buku Ajar. Bandar Lampung: Disampaikan pada Pelatihan Penyusunan Buku Ajar bagi
Dosen FISIP Unila.
Nugraha A.W. 2015. Isolasi Gen Pengkelat Logam Berat Merkuri (Hg) dari Bakteri Indigen Limbah Cair Agar untuk Bahan
Pengembangan Buku Ajar Pengantar Bioteknologi di Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Malang. Malang:
Universitas Malang.
Parmin, E.P. 2012. Pengembangan Modul Matakuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran.
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1):8—15.
PPS UB. 2011. Pedoman Umum Penulisan Bahan Ajar-PDKLP. Malang: Pascasarjana Universitas Brawijaya.
Rachmawati, D.A. 2015. Pengembangan Buku Panduan Memahami Teori Multiple Intelligences dan Implementasinya pada
Pembelajaran Biologi SMA untuk Mahasiswa pada Matakuliah Belajar dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.
Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Ranjan R., Siddhnath & Bavitha M. 2014. Bioremediation - A Potential Tool for Management of Aquatic Pollution.
International Journal of Multidisciplinary Research and Development 2014, 1 (7):335—340.
Ridwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suhardjono. 2008. Menyusun Bahan Ajar agar Tujuan Perkuliahan Tercapai dengan Lebih Menyenangkan. Makalah pada
Workshop penyusunan bahan ajar Hibah A2 Jurusan Sipil Faklutas Teknik Universitas Brawijaya, 26 Mei 2008.
Suhardjono. 2012. Menyusun Buku Ajar. Pelatihan Penulisan Buku Ajar Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah PPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Sabtu 4 Juni 2011.
Yusnita, E., Basir, M. D. & Sumarni, S. 2011. Pengembangai Modul Pendidikan Kewarganegaraan Prograim Studi Ilmu Keperawatan Sekoiah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Bina Husada Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1, No. 1
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |