PEMBELAJARAN SUMBANG SARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Ari Ashari, Abidin Abidin, Eko Novianto

Abstract


The research is Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles and aims to enhance students' critical thinking skills class VII A Al-Ikhlas Taliwang through the application of learning methods Brainstorm on the subject of pollution and environmental damage. Subjects numbered 29 students of class VII A Al-Ikhlas Junior High School. Data collected through tests of each cycle. Data were analyzed descriptively test results quantitatively. Based on the results showed that the application of learning Brainstorm improve critical thinking skills by 30% and the number of students who received a score of critical thinking skills in the qualification both increased by 13 students.         

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII A SMP Al-Ikhlas Taliwang melalui penerapan metode pembelajaran Sumbang Saran pada pokok bahasan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa kelas VII A SMP Al-Ikhlas Taliwang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dari tiap siklus. Data hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Sumbang Saran meningkatkan keterampilan berpikir kritis sebesar 30% dan jumlah siswa yang memperoleh skor keterampilan berpikir kritis dalam kualifikasi baik mengalami peningkatan sebanyak 13 siswa.

 


Keywords


classroom action research; critical thinking skills; learning brainstorm; penelitian tindakan kelas; keterampilan berpikir kritis; pembelajaran sumbang saran

Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Faturraham. A.I.K., Amri, S. & Setyono, H.A. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayanti, D., A.R. As’ari. & T.D. Chandra. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan

Pengembangan. (Online) Volume 1, Nomor 4, April 2016 (http://http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view,

diakses 10 Januari 2017).

Husnidar, I.M. & Rizal, S. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika. (Online) Tahun 1, Nomor 1, April 2014

(http://jurnal.unsyiah.ac.id, diakses 10 November 2016).

Jihad, A. & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Krulik, S. & Rudnik, J.A. 1996. The New Source Book Teaching Reasioning and Pbroblem Solving in Junior and Senior Hig

School. Massachusets: Allyn & Bacon.

Noordyana, M., A. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metocognitif

Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online) Tahun 8, Nomor 2, April 2016 (http://jurnalmtk.stkip-garut.ac.id,

diakses 9 November 2016).

Normaya, K. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama

di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online) Tahun 3, Nomor 1, April 2015,

(http://ppjp.unlam.ac.id, diakses 25 Oktober 2016).

Redhana, I.W. & Liliasari. 2008. Program Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis pada Topik Laju Reaksi untuk Siswa SMA.

Jurnal Forum Kependidikan. (Online) Tahun 27, Nomor 2, Maret 2008 (http://forumkependidikan.unisri.ac.id, diakses 20

Oktober 2016.

Ristiasari, T., Priyono, B. & Sukaesih, S. 2012. Model pembelajaran Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education. (Online) Tahun 1, Nomor 3, Desember 2012,

(http://journal.unnes.ac.id, diakses 25 Oktober 2016).

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sholihah, M., Sugeng, U. & Singgih, S. 2016. Pengaruh Model Experiental Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online) Tahun 1, Nomor 11, November 2016 (http://

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view, diakses 10 Januari 2017).

Slavin, R.E. 2006. Educational Psycology Theory and Practice. Jakarta: Indeks.

Sunaryo, Y. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif

Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. (Online) Tahun 1, Nomor 2, 2014

(http://pasc.ut.ac.id, diakses 19 Oktober 2016).

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyono, H. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Rosdakarya.

Tirtarahardja, U. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2014. Malang: Angkasa.

Zahra. A.H., Dwiastuti, S. & Marjono. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi

Ekosistem melaui Penerapan Model Inquiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro.

(Online) Tahun 6, Nomor 2, November 2015 (http://fkip.ummetro.ac.id, diakses 18 Oktober 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.7881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License