PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBANTUAN WEB PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK

Evi Nur Afiyah, Punadji Setyosari, Sulthoni Sulthoni

Abstract


The Development of Web aims to produce an instructional strategy which implement on valid lesson plan in order to enhance the effectiveness of learning. Method used by Lee & Owens (2004) is assessment/analysis; design; development; implementation; evaluation. The result of research shows that the media of learning is valid and it is used effectively on learning.   

Pengembangan sistem pembelajaran berbantuan Web ini bertujuan untuk menghasilkan produk Strategi Pembelajaran yang disajikan dalam bentuk RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) yang valid, sehingga dapat mengefektifkan pembelajaran. Metode yang digunakan model Lee & Owens (2004) yaitu assessment/ analysis; design; development; implementation; evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbantuan web valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


the development; system; web assisted instructional; pengembangan; strategi pembelajaran; matematika; berbantuan Web

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2004. Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Edisi 2004. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika.

Yamin, M. 2009. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H.B. 2011. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Widdiharto. 2004. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Gema Pena.

Yuliani, N.S, dkk. 2009. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License