PENGEMBANGAN MEDIA AJAR PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM AUDIO PADA MATAKULIAH WORKSHOP AUDIO VIDEO UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Suwasono Suwasono

Abstract


This research addresses jobsheet and trainer learning media development for maintenance and repairment of Audio System in Audio Video Workshop Course (PTEL65) for Electrical Engineering Education student Universitas Negeri Malang. This development research was refered to Development Model suggested by Sugiyono. The result of this research were jobsheet and trainer for maintenance and repairment of Audio System supplemented with test point to measure and determine input and output of signal forms in each audio systme diagram block. The product then were set on trial within Electrical Engineering Education students Universitas Negeri Malang who have enrolled Audio Video Workshop Course year 2012/2013 and 2013/2014. The result of product trial accomplished 88.30% and categorized as appropriate. Validity examination was also cinducted. The results were 92.80% from material expertise, 91.60% from media expertise. Hence, jobsheet and trainer learning media development for maintenance and repairment of Audio System in Audio Video Workshop Course (PTEL65) is appropriate to be used in Electrical Engineering Education Department Universitas Negeri Malang=

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar berupa jobsheet dan trainer perawatan dan perbaikan Sistem Audio pada matakuliah Workshop Audio Video (PTEL665) untuk mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Penelitian pengembangan ini mengacu model pengembangan Sugiyono. Hasil pengembangan media ajar berupa jobsheet dan trainer perawatan dan perbaikan Sistem Audio, yang dilengkapi dengan test point untuk mengukur dan mengetahui bentuk sinyal input dan output pada masing-masing blok diagram Sistem Audio dan saklar kesalahan untuk mengetahui kesalahan, dan menentukan langkah perbaikan Sistem Audio. Produk diujicobakan pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro yang sudah menempuh matakuliah Workshop Audio Video angkatan 2012/2013 dan 2013/2014. Hasil uji coba pada mahasiswa PTE Jurusan Teknik Elektro memperoleh hasil sebesar 88,30% dengan kriteria sangat layak. Validasi materi dari ahli materi memperoleh hasil 92,80%, validasi media dari ahli media memperoleh hasil 91,06%. Sehingga produk yang dikembangkan berupa jobsheet dan trainer perawatan dan perbaikan Audio pada Matakuliah Workshop Audio Video (PTEL665) di Jurusan Teknik Elektro layak dan dapat digunakan pada Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.


Keywords


development; learning media; maintenance and repairment of Audio System; test point; fault switch; pengembangan, media ajar; perawatan dan perbaikan sistem audio; test point; saklar kesalahan

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Majid, A. 2009. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. & Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitas, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuri, H. 2006. Analisis Perakitan Trainer Unit Berdasarkan Aplikasi Konsep Refigerasi pada Matakuliah Sistem Pendingin.

E-Journal Unesa, (Online), 1(1):3, (http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._

TEKNIK_MESIN/195104011981031-SYAMSURI_HASAN/artikel/ artikel_trainer_refr_1.pdf), diakses 10 Maret

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002. Tentang Sistem Nasional Penelitian Pengembagan dan Penerapan

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, (Online), (www.depdagri.go.id/media/documents/2011/05/25/f/i/-1.doc), diakses 11

Maret 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i2.8522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License