FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PRODUKTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI ANGKATAN TAHUN 2013

Rheza Hafid Prastia, Sri Umi Mintarti W, Cipto Wardoyo

Abstract


Education is an important element for undergraduate students to encourage a positive economic attitude. Basically, undergraduate students are not being a consumer only, but also are expected to be able to serve as a producer by processing a resources arround themselves maximally. Within this research, likert scale questionnaire is used as an instrument and tested in terms of validity and reliability in undergraduate students of Faculty of Economics Universitas Negeri Malang 2013. The sample of this study was 304 undergraduate students. The data analysis was conducted using SEM technique through Lisrel 8.80 program. The results indicated that economic education in the family has no influence upon the self-efficacy. Moreover, financial literacy does not influence to the self-efficacy and economic rationality influences self-efficacy. In addition, self-efficacy influences productive attitude of the students, economic education in family influences productive attitude of the students. However, economic education in family does not influence productive attitude through self-efficacy as well as financial literasi which does not influence productive attitude through self-efficacy. While economic rationality influneces productive attitude through self-efficacy.

Pentingnya pendidikan yang diberikan kepada seorang mahasiswa adalah untuk mendorong munculnya perilaku yang baik dalam hal ekonomi. Pada dasarnya setiap mahasiswa tidak hanya berperan sebagai konsumen saja, melainkan juga bertindak sebagai produsen yang berperilaku produktif dengan cara mampu mengolah sumber daya yang ada di sekitarnya untuk dimanfaatkan secara maksimal. Sebelum penelitian, angket yang digunakan sebagai instrumen penelitian dengan skala likert terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2013. Sebanyak 304 mahasiswa menjadi sampel dalam penelitian dan menggunakan teknik analisis SEM dengan bantuan program Lisrel 8.80 menghasilkan pendidikan ekonomi di keluarga tidak berpengaruh terhadap self efficacy. Finansial literasi tidak berpengaruh terhadap self efficacy, dan rasionalitas ekonomi berpengaruh terhadap self efficacy. Self efficacy berpengaruh terhadap perilaku produktif. Pendidikan ekonomi di keluarga berpengaruh terhadap perilaku produktif, financial literracy juga berpengaruh terhadap perilaku produktif. Rasionalitas ekonomi berpengaruh terhadap perilaku produktif. Pendidikan Ekonomi di keluarga tidak berpengaruh terhadap perilaku produktif melalui self efficacy. Finansial literasi tidak berpengaruh terhadap perilaku produktif melalui self efficacy, rasionalitas ekonomi berpengaruh terhadap perilaku produktif melalui self efficacy.


Keywords


economic education in family; financial literacy; economic rationality; self- efficacy; productive attitude; pendidikan ekonomi di keluarga; finansial literasi; rasionalitas ekonomi; self efikasi diri; perilaku produktif

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. 1997. Self-Efficacy (Efikasi Diri), (Online), (http://treepjkr.multiply.com/Reviews /item/22), diakses

April 2012).

Dalyono, M. 2001. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Friedman, H.S. & Miriam W. Schustack. 2008. Kepribadian: Teori Klasik dan Riset Modern. Terjemahan Ikarinim

Indarti, R.R. 2008. Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia, Vol. 23, No. 4, Oktober 2008.

Nababan, D. Isfenti Sadalia. 2012. Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara: USU.

Paul, W.L. 2004. Agar Anak Pandai Mengelola Uang. Jakarta: Gramedia.

Rizqi, A.S. 2013. Factor-Faktor yang Memengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UM Angkatan Tahun 2010. Tesis tidak ditebitkan. Malang: Pascarjana Universitas Negeri Malang.

Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Terjemahan Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana.

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Suwarno, W. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Media Group.

Trevor, J.B. 1996. Logics of Dislocation. Models, Metaphors, and Meanings of Economic Space. New York USA: The Guilford Press.

Zutiasari, I. 2015. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Lingkungan Keluarga, dan Sekolah terhadap Niat Berwirausaha melalui Self Efficacy (Studi pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Kediri). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i2.8537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Rheza Hafid Prastia, Sri Umi Mintarti W, Cipto Wardoyo




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License