PENGEMBANGAN VIDEO PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) BERMUATAN NILAI KARAKTER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT DALAM MENANGGULANGI PENYAKIT DIARE

Agni Rimba Mawan, Sri Endah Indriwati, Suhadi Suhadi

Abstract


The research aims to produce extension video about clean and healthy life behavior that contains the character values to valid, practical, effective to improve community knowledge about how to protect themselves from diarrheal disease. Video was develodep using the ADDIE development model, and tested using one group pre-test post-test design with a total sample of 30. Data collection using questionnaire and test. The result of test to be analyzed with paired sample t-test. The result showed pre-test scores is 61,33 and post-test scores is 89,10, and the results of hypothesis test showed sig. (0,000) < α (0,05). Its mean, the extension video about clean and healthy life behavior that contains the character values effective to improve community knowledge.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bermuatan nilai karakter yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menanggulangi penyakit diare. Video dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE, dan diuji coba menggunakan one group pre-test pos-test design dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan angket validasi dan tes (pre-test dan post- test).  Hasil tes  dianalisis dengan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan skor pre-test adalah 61,33 dan post-test 89,10, dan dari hasil pengujian hipotesis diperoleh sig. (0,000) < α (0,05). Artinya, video penyuluhan PHBS bermuatan nilai karakter efektif dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat.


Keywords


extension video; clean and healthy life behaviour; diarrhea; character value; video penyuluhan; PHBS; diare; nilai karakter

Full Text:

PDF

References


Asmara, A.P. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15 (2):156—178.

Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia.

Chrisiana, W. 2005. Upaya Penerapan Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Uk Petra). Jurnal Teknik Industri, 7 (1):83—90.

Dinkes Kabupaten Malang. 2015. Profil Kesehatan Kabupaten Malang Tahun 2015. Malang: Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

Dinkes Provinsi Jatim. 2015. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2014. Surabaya: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Hariana, A. 2006. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya Seri 3. Depok: Penebar Swadaya.

Hidayat, S. & Napitupulu, R.M. 2015. Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta: AgriFlo (Penebar Swadaya Group).

Kapti, R.E., Rustina, Y. & Widyatuti. 2013. Efektivitas Audiovisual sebagai Media Penyuluhan Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Tatalaksana Balita dengan Diare di Dua Rumah Sakit Kota Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1 (1):53—60.

Kemenkes RI. 2014. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lee, W.W. & Owens, D.L. 2004. Multimedia-Based Instructional Design: Computer-Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Performance-Based Solution, 2th edition. San Francisco: Pfeiffer.

Likert, R. 1932. A Technique for The Measurement of Attitudes. New York: The Science Press.

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Raharjo, K., Mulyoto, & Suryani, N. 2016. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ditinjau dari Status Sosial Ekonomi (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo). IJMS – Indonesian Journal On Medical Science, 3 (2):86—93.

Rozie, F. 2013. Pengembangan Media Video Pembelajaran Daur Air untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains. (Online), 1 (4):413—424, (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/4191/846, diakses 25 April 2017).

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susilana, R. & Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, A. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Membangun Karakter Ideal Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Agni Rimba Mawan, Sri Endah Indriwati, Suhadi Suhadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License