PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MOTIVASI BELAJAR

Yayan Inriyani, Wahjoedi Wahjoedi, Sudarmiatin Sudarmiatin

Abstract


Extracurricular activities will have great contribution to develop and accommodate those two factors. The ex post facto design will be employed in this research. Instrument to get data from students extracurricular activities and motivation, concurrently students achievement from students' report book, SPSS for windows version 20 will be employ to analyze score from questionnaire using path analyzis. And the findings are (1) there is significant impact between extracurricular activities to students' achievement in social science and students' motivation, (2) there is significant impact between extracurricular activities to students' motivation, (3) there is non-direct impact between extracurricular activities to students' achievement through motivation. Students' motivation variable was reinforce the direct impact of extracurricular activities to students' achievement in social science.

Kegiatan ekstrakurikuler berkontribusi dalam kegiatan siswa di sekolah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Data menggunakan angket sebagai instrumen variabel kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar, prestasi belajar diambil dari nilai rapot semester ganjil. Perolehan hasil menggunakan path analyzis dibantu SPSS for windows versi 20. Analisis data menjelaskan hasilnya (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa, (2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar IPS, dan (3) terdapat pengaruh tidak langsung antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar. Variabel motivasi belajar memperkuat pengaruh langsung kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar IPS bagi siswa.


Keywords


extracurricular; motivation; learning achievement; kegiatan ekstrakurikuler; motivasi; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Cahyandaru, H. 2013. Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2012/2013. (Online), (https://skripsikufree.blogspot.co.id/2016/11/pengaruh-keaktifan-siswa-dalam-kegiatan.html, diakses 20 Maret 2017).

Darling, N., Linda L Caldwell., & Robert Smith. 2005. Participation in School Based Extracurricular activities and A dolescent Adjustment. Journal of Leisure Research. (Online), Vol 37, No. 1, (https://www.questia.com/read/1P3-791051941/participation-in-school-based-extracurricular-activities, diakses 20 Maret 2017).

Hardiansyah., I Nengah Sudjana & Rias Gesang Kinanti. 2015. Survei Motivasi Siswa MTs. Wahid Hasyim 02 Desa Kucur Kecamatan dau Kabupaten Malang dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal. Jurnal Sport Sciene, (Online), 4 (3):147—155, (http://journal.um.ac.id/index.php/sport-science/article/view/4921/1298, diakses 20 Maret 2017).

Hamdu, G & Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan. (Online), 11 (1), (http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/1824/pengaruh-motivasi-belajar-siswa-terhadap-pestasi-belajar-ipa-di-sekolah-dasar-studi-kasus-terhadap-siswa-kelas-iv-sdn-tarumanagara-kecamatan-tawang-kota-tasikmalaya-.html, diakses 15 Februari 2017).

Moedjiarto. 2002. Karakteristik Sekolah Unggul. Jakarta: Duta Graha Pustaka.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. (Online), (http://www.dikdas.kemdikbud. go.id, diakses 20 Maret 2017).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2006. (Online), (https://akhmadsudrajat, files.wordpress, diakses 15 Februari 2017).

Permendikbud. 2013. (Online), (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/.../download-aneka-permendikbud-tentang-kurikulum).

Riduan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputra, Y. M. 1998. Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sunarto dan Haryanto, B. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, M.U & Setiawati, L. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel, WS. 1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yayan Inriyani, Wahjoedi Wahjoedi, Sudarmiatin Sudarmiatin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License