PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI DUA DIMENSI KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA

Ifa Ibriza Rahmatun Nisa, Hary Suswanto, I Made Wirawan

Abstract


This research was using quantitative with Quasi Experimental Design non-equivalent control group design pattern. The independent variable of this research is project based learning, while the dependent variable is learning outcomes of students. The sample of  this research consists of two classes, XI MM 2 as control class and XI MM 1 as experiment class. The analysis of this research used t-test. The results indicate that there is a difference between control and experiment class and it was proven by sig value of 0.000 for behavior, 0.006 for knowledge, and 0.000 for skill. In addition, I indcates that the average of experiment class is higher than control class, sig value of 0.000. Supplementary, the result demonstrates that the problem based learning has an influence and proven by the increasing average score from 54.33 to 92.11 with sig value of 0.000.  

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental Design dengan pola nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model project based learning, sedangkan variabel terikatnya berupa hasil belajar. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yakni kelas XI MM 2 sebagai kelas kontrol dan XI MM 1 sebagai kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol yang dibuktikan dengan nilai sig 0,000 untuk ranah sikap, 0,006 ranah pengetahuan, dan 0,000 ranah keterampilan. Selain itu, dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai sig 0,000. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh model project based learning yang dibuktikan dengan nilai rata-rata sebelum perlakuan 54,33 dan setelah perlakuan 92,11 dengan nilai sig sebesar 0,000.


Keywords


problem based learning; learning outcome; two dimensional animation techniques; problem based learning; hasil belajar; teknik animasi dua dimensi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyanti & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, M. & Praswoto, P. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan. (Online), (http://digilib.unimed.ac.id, diakses 25 Maret 2016).

Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khamdi, W. 2007. Project Based Learning, Problem Based Learning, dan Discovery Learning. (Online), (http://femisiburian.blogspot.co.id/, diakses 28 Januari 2016).

Mahendra, J. 2014. Penerapan Strategi Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Modul Pengolahan Sampah Berbasis 6M untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku di SMP Negeri 1 Batu dalam Menuju Sekolah Adiwiyata. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Munawaroh, S & Sopyan. 2012. Penerapan Model Project Based Learning dan Kooperatif untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej, diakses 27 Maret 2016).

Na’imah, N., Supartono & Wardani. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. (Online), 9 (2):1566—1574, (http://jurnal.fkip.uns.ac.id, diakses 18 Februari 2016).

Permendikbud No. 104. 2014. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono. A. 2012. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wahyulianti, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Multimedia Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi Dua Dimensi di SMK Negeri 1 Boyolangu. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Rosdakarya.

Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontempores. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ifa Ibriza Rahmatun Nisa, Hary Suswanto, I Made Wirawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License