PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN NILAI BUDAYA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Yasintus Tinja, Siti Malikah Towaf, Hariyono Hariyono

Abstract


This research is purposed to producing thematic teaching materials product based on locally values. Teaching materials product that been create is being developed that followed to Borg and Gall research and development syntax that was simplify by seven stages development. The product properly is measure by product validity, product practicability, and product effectiveness. The product properly being tested to students book and teachers guiding books. Among to validity and trials result, its collected validity, practicability, and effectiveness data as: (a) students book validity result reach 82% percentage and got very valid category (b) teachers guiding book validity result reach 82% percentage and got very valid category (c) the students book practicability level reach 88% percentage and very practice (d) the teachers guiding book  practicability level reach 93% percentage and very practice (e) students activity reach 80% percentage got into very active category (f) students learning outcomes that really significant that doing by comparing pre test and post test result.

Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan produk bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal. Produk bahan ajar yang dihasilkan dikembangkan dengan mengikuti langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tujuh langkah pengembangan. Kelayakan produk diukur melalui kevalidan produk, kepraktisan produk dan efektivitas produk. Uji kelayakan dilakukan terhadap buku siswa dan buku panduan guru. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba yang dilakukan, diperoleh data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, yakni (a) hasil validasi terhadap buku siswa mecapai persentase 82% dan masuk kategori sangat valid; (b) hasil validasi terhadap buku panduan guru mecapai presentasi 82% dan masuk kategori sangat valid; (c) tingkat kepraktisan buku siswa mencapai persentase 88% dan sangat praktis; (d) tingkat kepraktisan buku panduan guru mencapai persentase 93% dan sangat praktis; (e) keaktifan siswa mencapai persentase 80% termasuk kategori sangat aktif; (f) hasil belajar yang sangat signifikan yang dilakukan dengan membandingkan hasil pre tes dan post test.


Keywords


developing teaching materials; locally values; culture value; pengembangan bahan ajar; kearifan lokal; nilai budaya

Full Text:

PDF

References


Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna.

Bandung: MLC.

Musafiri, M. R. 2016. Potensi Kearifan Lokal Suku Using sebagai Sumber Belajar Geografi SMA di Kabupaten Banyuwangi.

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (10):2040—20146,

(http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7955/3619, diakses 19 Januari 2017).

Nilasari, E. 2016. Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (7):1399—1404,

http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6583/2808, diakses 19 Januari 2017).

Prabowo, C. A. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuriri Berbasis Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan: Teori,

Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (6):1090—1097,

(http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6422/2723, diakses 19 Januari 2017).

Sufia, R. 2016. Kearifan Lokal Dalam Melestarikan Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat Adat Desa Kemiren

Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online) 1

(4):726—731, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6234/2663, diakses 19 Januari 2017).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmi dan Amirudin. 2014. Pengelolaan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal. Malang: Aditya Median Publishing.

Su’udiah, F. 2016. Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan

Pengembangan, (Online), 1 (9):1744—1748, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6743/2936, diakses

Januari 2017).

Utari, U. 2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi

Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, (Online), 1 (1) April 2016,

(http://journal.um.ac.id/index.php/jps/, diakses 15 Januari 2017).

Wulanzani, U. T. 2016. Hasil Validasi Buku Teks Matakuliah Bioteknologi Berbasis Bahan Alam Taman Pacing (Costus

Speciosus Smith) sebagai Antifertilitas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1

(9):1830—1835, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6837/3018, diakses 15 Januari 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yasintus Tinja, Siti Malikah Towaf, Hariyono Hariyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License