Pembentukan Generasi Kreatif: Studi Pengembangan Kreativitas Tokoh Udjo Ngalagena Pendiri Saung Angklung Bandung

Budiman Mahmud M.

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang membahas tentang pembentukan generasi kreatif melalui pengembangan seni tradisi angklung. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Alat pengumpul data primer adalah observasi dan wawancara. Alat pengumpul data sekunder adalah melalui studi pustaka. Kemampuan dan keberhasilan Udjo Ngalagena sebagai pribadi kreatif yang menghasilkan berbagai produk kreatif di tengah berbagai kondisi zaman dan karyanya berupa Saung Angklung Udjo berhasil mendunia menarik untuk dikaji lebih dalam. Melalui analisis pendekatan 4P; pribadi, pendorong, proses dan produk kreatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa Udjo berhasil mengemas tradisi angklung menjadi produk kreatif dalam aktivitas pendidikan, produksi dan pertunjukan. Model pendidikan yang dibuat oleh Udjo Ngalagena membuktikan bahwa ia mampu membentuk generasi kreatif dan mampu mentransformasikan kreativitasnya dari tingkat individu ke masyarakat luas.

Keywords


kreativitas, pendidikan kreatif, seni tradisi, udjo ngalagena

Full Text:

Full Text