Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Fluida Statis dengan Instrumen Diagnostik Three-Tier

Wartono Wartono, Anisa Matinu Saifullah, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Dalam penelitian ini, telah dilakukan studi pendahulan yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dalam satu kelas masih lemah dalam penguasaan konsep, mengalami miskonsepsi, bahkan tidak memiliki konsepsi setelah pembelajaran terhadap materi fisika. Hasil identifikasi ini menunjukkan bahwa guru perlu melakukan identifikasi terhadap pemahaman konsep siswa pada setiap akhir pembelajaran materi fisika. Penelitian dilakukan pada 81 orang siswa kelas X MIA 4 MAN 3 Malang. Siswa mengerjakan tes diagnostik three–tier pada materi fluida statis yang berjumlah 24 butir soal dengan 4 alternatif jawaban, 4 alternatif alasan pemilihan jawaban, dan keyakinan jawaban (yakin / tidak yakin) dengan 3 rentang tingkat keyakinan. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa siswa yang mengalami miskonsepsi dan bahkan tidak memiliki konsepsi pada materi fluida statis masih cukup besar. Beberapa jenis miskonsepsi yang ditemukan di antaranya, siswa beranggapan bahwa (1) luas bejana mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatis, (2) gaya yang diberikan pada fluida akan diteruskan ke segala arah sama besar, (3) gaya Archimedes dipengaruhi kedalaman benda dalam fluida.

Keywords


instrumen diagnostik three-tier, miskonsepsi, fluida statis

Full Text:

Full Text