Transformasi Kurikulum Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum: Dari Paradigma Normatif-Doktriner Menuju Paradigma Historis-Kontekstual

Yusuf Hanafi

Abstract


Kurikulum mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi umum (PTU) sejak era reformasi hingga saat ini telah mengalami perubahan sebanyak tiga kali. Tulisan ini bermaksud membedah konstruksi Kurikulum PAI Tahun 2000, 2002, dan 2013, sekaligus menganalisis secara komparatif pergeseran paradigmanya. Paradigma Kurikulum PAI Tahun 2000 merupakan kelanjutan dari paradigma kurikulum era Orde Baru, yang berorientasi murni pada akidah, syariah, dan akhlak. Adapun Kurikulum PAI Tahun 2002 mengindikasikan pergeseran paradigma dan perubahan materi secara radikal—di mana agama diletakkan dalam konteks realitas yang selalu dinamis. Sedangkan Kurikulum PAI Tahun 2013 itu lebih menonjolkan pendekatan pembelajaran berbasis proses keilmuan (scientific approach) dan aktivitas (activity base).

Keywords


pergeseran paradigma, kurikulum PAI di PTU, kurikulum tahun 2013

Full Text:

Full Text