Instrumen Kenyamanan Lingkungan Belajar Berbasis Ergonomi

Henry Praherdhiono, I Nyoman Sudana Degeng, Punaji Setyosari, Sulton Sulton

Abstract


Pengembangan instrumen kenyamanan lingkungan belajar berupa seperangkat simulator lingkungan belajar. Instrumen digunakan untuk mengukur kenyamanan yang dirasakan pebelajar dalam lingkungan belajar. Penelitian pengembangan dalam rangka memecahkan masalah lingkungan belajar berdasarkan teori ergonomi dan teori sosial kognitif. Lingkungan belajar secara ergonomi merupakan tempat terjadinya hubungan antara manusia, pekerjaan, dan lingkungan sebagai tempat aktivitas mental dan fisik berlangsung. Kategori pengukuran adalah kondisi ergonomi dalam lingkungan belajar, berupa indikator-indikator dalam lingkungan belajar yang dapat dirasakan indrawi pebelajar. Perangkat simulator yang dikembangkan secara signifikan dapat mengukur apa yang dirasakan indrawi pebelajar dalam lingkungan belajar.

Keywords


lingkungan belajar, ergonomi, instrumen

Full Text:

Full Text