Kesulitan-Kesulitan Penyebab Kegagalan Guru SD dalam Program Sertifikasi melalui Penilaian Portofolio

Teguh Triwiyanto

Abstract


Tujuan penelitian yaitu mengidentifikasi: kesulitan-kesulitan penyebab kegagalan, kelemahan, dan harapan-harapan guru SD dalam program sertifikasi melalui portofolio. Analisis data menggunakan teknik yang memungkinkan responden melakukan sendiri kadar intensitas berat ringannya kesulitan. Dalam hal ini digunakan teknik Q-Sort. Data dianalisis dengan teknik analisis statistitik deskriptif. Hasil menunjukkan sesulitan-kesulitannya yaitu: mengumpulkan data fisik; keterlambatan informasi dari dinas pendidikan; koordinasi antar sekolah, dinas pendidikan dan perguruan tinggi selaku asesor kurang berjalan baik; kebijakan pemerintah yang berubah-berubah; dan minimnya pengetahuan.

Purpose of research is identificate: difficulties failure cause,weakness,and wishes the elementary school teacher on setification program with portfolio. To analyse the data use methode that possibility for respondence do the research self about the difficult y degr ee of intencity hard or easily.in the research use Q-short method. To analyze the data the respondence use technic descriptive statistic analysis. The result shows the difficulties: collect the physic data,lately of information from education deparment and college as assessor not too much good working, government policy that often changes and more less of knowledge.


Keywords


kesulitan-kesulitan penyebab kegagalan, sertifikasi, portofolio

Full Text:

FULL TEXT