Pembelajaran Materi Bangun Datar melalui Cerita menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di Sekolah Dasar

Ratu Ilma Indra Putri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran pembelajaran materi bangun datar menggunakan pendekatan PMRI di Sekolah Dasar (SD). Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN117 Palembang yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, serta dokumen untuk mengetahui hasil kerja siswa pada Lembar Aktivitas Siswa (LAS) saat proses pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil observasi menunjukkan semua siswa aktif mengikuti pembelajaran dengan baik. Dari hasil kerja siswa pada LAS dan latihan menunjukkan bahwa semua siswa mampu menyelesaikan pembelajaran materi bangun datar dengan rata-rata 86,3% termasuk dalam kategori sangat baik.

The aim of this research is to describe the intructional process of polygon the use of PMRI approach in primary school. Participant of this research are 36 students grade two of state prymary school number 117 Palembang. This research is descriptive study. Data were collected using observation and document. The results show all of students are active during the learning process. Also about 86,3% of students able to follow learning with very good level.


Keywords


PMRI, Tangram, Polygon

Full Text:

FULL TEXT