Penggunaan Metode Bahasa Lisan Yang Dikombinasikan Dengan Metode Bahasa Isyarat Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini Tunaganda 7-8 Tahun

Ni Luh Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak dengan gangguan perkembangan kendala kecerdasan dan pendengaran melalui bahasa lisan yang dikombinasikan dengan bahasa isyarat. Desain penelitian ini adalah subjek desain eksperimen tunggal (single-subjek desain), khususnya di desain dasar beberapa mata pelajaran.
Berdasarkan temuan dan diskusi, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode lisan yang dikombinasikan dengan bahasa isyarat dapat meningkatkan keterampilan komunikasi pada enam anak dengan gangguan perkembangan kecerdasan dan hambatan pendengaran. Kemampuan untuk berkomunikasi cenderung meningkat selama fase intervensi dan akhirnya mencapai 100% seperti yang ditargetkan. Setelah dua minggu kemudian, bahkan tanpa latihan, enam mata pelajaran masih menunjukkan kemampuan untuk berkomunikasi yang telah dilatih. Dengan kata lain, penerapan metode bahasa lisan yang dikombinasikan dengan bahasa isyarat menggunakan desain subjek tunggal dapat berhasil diterapkan pada enam anak dengan gangguan perkembangan kecerdasan dan hambatan pendengaran.

 

This study aims to improve the ability to communicate children with developmental disorders of intelligence and hearing obstacles through the oral language that combined with sign language.  The design of this research is single subject experimental design (single-subject design), particularly across subjects multiple baseline design. Based on the findings and discussion, the results showed that the application of spoken method that combined with sign language can improve communication skills on six children with developmental disorders of intelligence and hearing obstacles. The ability to communicate is likely to increase during the intervention phase and eventually reach 100% as it targeted. After two weeks later, even without exercise, the six subjects still showed the ability to communicate that have been trained.  In other words, the application of methods of oral language are combined with sign language using a single subject design be successfully applied to the six children with developmental disorders of intelligence and hearing obstacles.

 

 


Keywords


to improve the ability to communicate, developmental disorders of intelligence and hearing obstacles

Full Text:

FULL TEXT