Pengaruh Penilaian Sejawat Dalam Pembelajaran Menulis Terhadap Kualitas Karangan Siswa Madrasah Tsanawiyah

Imam Agus Basuki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penilaian sejawat dalam pembelajaran menulis terhadap kualitas karangan siswa madrasah tsanawiyah. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan memanfaatkan enam kelas alami di Madrasah Tsanawiyah Malang 1. Karangan siswa diskor oleh tiga orang. Rata-rata skor draf karangan dan skor karangan hasil revisi diolah dengan analisis kovarian yang memanfaatkan SPSS versi 16,0. Hasil analisis menunjukkan bahwa penilaian sejawat pada kelas biasa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas karangan dibandingkan dengan penilaian diri sendiri, meskipun skor karangan dengan PS lebih tinggi. Pada kelas unggul, penilaian sejawat berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas karangan siswa.

 

The following research describes the influence of peer assessment on teaching writing, especially on the quality of students’ works at madrasah tsanawiyah (Islamic Junior High School). Using quasi-experiment research design, this research involved six regular classes of Madrasah Tsanawiyah Malang 1. Students’ writing works were scored by three raters. Then, the scores were averaged using covariant analysis of SPSS version 16,0. The results indicate that the peer assessment on ordinary classes show less significant influence on students’ writing compared to that on the superior classes.


Keywords


peer assessment, self assessment,writing, writing achievement

Full Text:

FULL TEXT