Peningkatan Keterampilan Kinerja (Performance) Siswa Kelas X1 SMAN 4 Palangka Raya pada Materi Ekosistem dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing.

Supramono Supramono

Abstract


Abstract : Problems that occur in learning biology class X SMAN 4 Palangkaraya was oftened using cooperative approach, but does not give optimal results which marked with bold argue that few students are less active , it was showed the skills assessment of performance students were not familiar in practice, so that mastery learning does not reach a minimum completeness criteria. This study aims to improve the skill of performance students through the approach of Problem Posing . This study using The Principles of Classroom Action research . The results showed that the most percentage of performance skills in Cycle I is enough category, in Cycle II is good category the most, and very good category most placed in evaluation results. Application of Problem Posing approach can improve performance skills , mastery learning up to 80.3 % , and students show positive respond to learning activities of Problem Posing approach.

Key words: performance, problem posing

Abstraks : Permasalahan pembelajaran biologi yang terjadi pada kelas X SMAN 4 Palangka Raya adalah penggunaan pendekataan kooperatif yang telah sering, namun belum memberikan hasil optimal yang ditandai dengan siswa kurang berani berpendapat sehingga kurang aktif, diketahui pula bahwa penilaian keterampilan kinerja (performance) siswa belum terbiasa dipraktikkan, sehingga ketuntasan belajar belum sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ada. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan kinerja (performance) siswa melalui pendekatan Problem Posing.  Untuk mengukur ketercapaian indikator penelitian tersebut dilakukan penelitian menggunakan prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterampilan kinerja pada putaran Siklus I terbanyak di kategori cukup, pada putaran Sijklus II terbanyak di kategori baik dan pada hasil evaluasi akhir terbanyak di kategori amat baik. Penerapan pendekatan Problem Posing mampu meningkatkan keterampilan kinerja, ketuntasan belajar hingga 80,3%,   dan respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Problem Posing sangat positif.

Kata kunci: performance, problem posing

Keywords


performance; problem posing

Full Text:

Full Text