Kepekaan Bilangan Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual yang Mengintegrasikan Keterampilan Berpikir Kreatif

Cholis Sa’dijah

Abstract


Abstract. The aim of this research is to know the number sense of junior high school students through the implementation of contextual mathematics instruction that integrate creative thinking skill. The subject of this research is 97 seventh graders in Malang 2013/2014. The instruments of this research are observation sheet and peer assessment of creative thinking skill, number sense test, and observation sheet of the teaching learning process. The results of this research show that the contextual mathematics instruction can improve students’ number sense. The students’ creative thinking skill during the teaching learning process is good.


Key words : number sense, contextual mathematics instruction, creative thinking skill. 

 

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kepekaan bilangan siswa SMP melalui pembelajaran matematika kontekstual yang mengintegrasikan keterampilan   berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini 97 siswa dari tiga SMP di Malang Raya tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan instrumen dan perangkat dari model pembelajaran matematika kontekstual yang mengintegrasikan keterampilan berpikir kreatif yang mempunyai kriteria valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang awalnya mempunyai kepekaan bilangan dengan kriteria cukup baik menjadi sangat baik melalui pembelajaran ini, sedang  yang awalnya mempunyai kepekaan bilangan kurang menjadi berkriteria baik. Keterampilan berpikir kreatif siswa selama pembelajaran ini menunjukkan baik.


Kata kunci : kepekaan bilangan, pembelajaran matematika kontekstual, keterampilan berpikir kreatif.


Keywords


kepekaan bilangan; pembelajaran matematika kontekstual; keterampilan berpikir kreatif

Full Text:

Full Text