Evaluasi Soft Skills dalam Pembelajaran Mahasiswa Baru di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana

I Wayan Arnata, Sutarjo Surjoseputro

Abstract


Abstrack: This research aims to evaluate the soft skill attributes possessed by the new students of Agriculture Technology Faculty, Udayana University. The study was conducted by using a pretest-posttest design with a questionnaire that contained the soft skills attributes and personal skill assessment. The results showed that the ability of soft skills possessed by new students after training increased the base line soft skills attribute from the moderate category to good ones.

Abstrak : Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi atribut soft skills yang dimiliki oleh mahasiswa baru Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain pretest-posttest menggunakan kuesioner yang berisi atribut-atribut soft skills dan penilaian kemampuan pribadi. Dari hasil evaluasi terhadap pengembangan atribut soft skills diperoleh bahwa kemampuan soft skills yang dimiliki oleh mahasiswa baru setelah mengikuti pelatihan semuanya meningkat dari baseline atibut soft skills awal yaitu meningkat dari kategori biasa saja meningkat menjadi kategori baik.


Keywords


development, evaluation, soft skills, students, pengembangan, evaluasi, soft skills, mahasiswa

Full Text:

Full Text