Peningkatan Kualitas Perkuliahan Melalui Penerapan Model Blended Learning Dengan Aplikasi Learning Management System Pada Mahasiswa Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan

Sukarno Sukarno

Abstract


Abstract: This research is carried out to improve student’s and teachers’ competence using using blended learning model through learning management system (LMS) application. The research is done by collaborative action research with lecturers, student, and the tim of ICT FKIP UNS. The students are the elementary school sport teachers. The result shows that the LMS application in supporting blended learning model which is connected to http//:bening.fkip.uns.ac.id improve learning quality. The lecturers easily be able to uppload the material, to assign online task, and to conduct the quiz/competence exam. The students also easily be able to download the material, to uppload online task, and to do the quiz. Therefore, LMS application is really useful in supporting blended learning model.


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja dosen dan mahasiswa dalam mengoperasikan aplikasi learning management system LMS pada model blended learning. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian tindakan secara kolaboratif dengan dosen, mahasiswa, dan tim ICT FKIP UNS. Mahasiswa pogram ini adalah guru olah raga di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi LMS dalam penggunaan model blended learning yang terkoneksi internet dengan alamat web: http//:bening.fkip.uns.ac.id dapat meningkatkan kualitas perkuliahan mahasiswa program sarjana kependidikan bagi guru dalam jabatan. Dosen tidak mengalami kesulitan dalam mengunggah materi, memberi tugas online, dan mengadakan kuis/ujian online. Mahasiswa juga tidak sulit mengunduh materi perkuliahan, dan mengerjakan kuis/ujian online. Oleh karena itu, aplikasi LMS dipandang bermanfaat untuk mendukung pelaksanaan blended learning.


Keywords


blended learning model, undergraduate students of teaching education in academic, learning management system, model blended learning, mahasiswa program sarjana bagi guru dalam jabatan, learning management system

Full Text:

Full Text