Pengaruh Keadilan dan Dukungan Organisasional, serta Perspektif untuk Berubah terhadap Komitmen dan Pembelajaran Organisasional

Ery Tri Djatmika, Moch. Ichsan

Abstract


Pembelajaran organisasi menjadi kebutuhan baik bagi individu sebagai warga organisasi maupun bagi lembaga. Pembelajaran organisasi merupakan permasalahan substansial bagi setiap lembaga di era yang penuh dengan dinamika perubahan dan tingkat persaingan yang ketat. Penelitian dilakukan pada tenaga administratif Universitas Negeri Malang dengan mempergunakan desain survey. Model hubungan antar variabel dianalisis dengan mempergunakan model persamaan struktural (structural equation modeling) melalui piranti lunak LISREL (Linear Structural Relationship). Hasil analisis membuktikan bahwa secara langsung terdapat pengaruh signifikan variabel-variabel eksogen (keadilan, dukungan organisasional, dan perspektif untuk berubah) terhadap variabel endogen (komitmen organisasional dan pembelajaran organisasi). Selain itu, komitmen organisasional memiliki peran penting sebagai variabel intermediasi. Berdasarkan temuan penelitian disarankan bahwa perlunya meninjau kembali mengenai dukungan organisasional yang diwujudkan oleh organisasi terhadap warganya. Terdapat respon negatif mengenai dukungan organisasional, yang menandakan bahwa terdapat kebalikan antara harapan dengan realitas yang mereka hadapi.

Keywords


keadilan organisasional; dukungan organisasional; perspektif untuk berubah; komitmen organisasional; pembelajaran organisasional.