Hubungan Implementasi Atribut-Atribut Profesional Guru dan Peran Guru sebagai Agen Pembelajaran dengan Reduksi Problematika Belajar Siswa Akselerasi SMP Se- Kota Kupang

Vinsen A. Hayon, Gomer Liufeto, Uda Gerardus

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis asosiatif dengan menggunakan teknik analisis data statistik parametrik. Penelitian dilakukan terhadap 46 responden, siswa kelas akselerasi pada dua SMP. Melalui pengujian statistika parametris berbentuk hipotesis asosiatif dengan menggunakan analisis koefisien korelasi Pearson Product Moment, hasilnya menunjukkan bahwa implementasi atribut-atribut profesional guru berhubungan secara positif dan signifikan dengan “reduksi problematika belajar siswa akselerasi”, dengan besar sumbangan 25.40% dan berada pada tingkat hubungan sedang. Hasil lainnya adalah “peran guru sebagai agen pembelajaran” juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan “reduksi problematika belajar siswa akselerasi”, dengan besar sumbangan 42,51 % ; dan berada pada tingkat hubungan kuat. Juga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel “implementasi atribut-atribut profesional guru” dan “peran guru sebagai agen pembelajaran” secara simultan dengan variabel “reduksi problematika belajar siswa akselerasi”, dengan besar sumbangan 50% dan berada pada tingkat hubungan kuat.


Keywords


atribut-atribut profesional guru, peran guru agen pembelajaran, problematika belajar siswa.

Full Text:

Full Text Remote