Inovasi Pembelajaran Menulis Kreatif Melalui Web-Based Learning

Syahruddin Syahruddin, Fien Pongpalilu

Abstract


Penelitian ini bertujuan menemukan inovasi baru pembelajaran menulis kreatif berbasis ICT (Information and Communication Technology) melalui WBL (Web Based Learning) dalam meningkatkan kompetensi menulis pada mahasiswa STKIP Yapim Maros. Rancangan penelitian dilakukan studi eksperimen dan pengembangan. Metode pengumpulan data digunakan penyebaran angket, format observasi, dan tes unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan tes awal keterampilan menulis kreatif berada di bawah nilai 70 yaitu 31 responden (86%) dan hanya 5 responden (14%) yang berada di atas nilai keterampilan minimal. Tes unjuk kerja sesudah perlakuan menunjukkan semua responden (100%) berada di atas nilai minimal keterampilan menulis. Penelitian ini membuktikan dengan memanfaatkan media ICT melalui WBL dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa menulis kreatif.


Keywords


inovasi pembelajaran, menulis kreatif, ICT-WBL

Full Text:

Full Text