Pembelajaran Transformatif pada Kegiatan Pendampingan Anak Jalanan di Kota Malang

Widya Nusantara, M. Djauzi Moedzakir

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui permasalahan anak jalanan, tindakan pendamping, dan dampaknya. Penelitian mengimplementasikan pendekatan kualitatif, desain studi kasus, dan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya lima anak jalanan, dua pendamping, dua orang tua, dan satu pengurus Griya Baca Malang. Data direduksi, disajikan, dan disimpulkan. Hasil penelitian (1) ada proses penyadaran melalui dialog; (2) permasalahan mencakup: eksploitasi anak oleh orang tua, anggapan salah terhadap pembinaan anak jalanan, tidak percaya diri, trauma akibat kecelakaan, dan takut terhadap petugas; (3) tindakan pendamping: mengubah pola pikir orang tua, menggali bakat minat anak, memberi motivasi spritual dan perlindungan; dan (4) dampak pendampingan: orang tua tidak lagi mengeksploitasi anak, anak jalanan antusias mengikuti pembinaan, percaya diri, optimis, spiritual lebih baik, dan rasa aman.


Keywords


transformatif learning, pendampingan anak jalanan, Lembaga Pendampingan Anak Jalanan (LPAJ) Griya Baca Malang

Full Text:

Full Text