Pengaruh Lingkungan Geografis terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS Mata Pelajaran Geografi

Yanthi Nomleni, I Gusti Bagus Arjana, Johanis N. Kallau

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari variabel bebas (X1 – X5) yaitu lokasi rumah, jarak tempat tinggal, tingkat pendidikan orangtua, pendapatan orangtua dan jumlah anggota rumah tangga terhadap variabel terikat (Y) yaitu prestasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian berjumlah 96 peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kupang Tengah, sampel penelitian berjumlah 75 peserta didik yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan regresi sederhana dan regresi linear berganda dengan taraf signifiknsi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari lokasi rumah, jarak tempat tinggal, tingkat pendidikan orangtua, pendapatan orangtua dan jumlah anggota rumah tangga terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Kupang Tengah. Hasil uji determinasi menunjukkan sumbangan relatif lokasi rumah terhadap prestasi belajar sebesar 10,6 persen, jarak tempat tinggal 11,6 persen, pendidikan orangtua 23,3 persen, pendapatan orangtua 18,6 persen, jumlah anggota keluarga 12,2 persen sedangkan secara bersama-sama sumbangan relatif dari lokasi rumah, jarak tempat tinggal, pendidikan orangtua, pendapatan orangtua dan jumlah anggota keluarga sebesar 27,8 persen dan sisanya 72,2 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Peneliti merekomendasikan agar pengambilan kebijakan dari pihak sekolah, pemerintah daerah dan orangtua lokasi rumah, jarak tempat tinggal, pendidikan orangtua, pendapatan orangtua, prestasi belajar peserta didik yang terkait dengan variabel penelitian sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Kupang Tengah.


Keywords


okasi rumah, jarak tempat tinggal, pendidikan orangtua, pendapatan orangtua, prestasi belajar

Full Text:

Full Text