Pengembangan Pembelajaran Ekosistem dan Lingkungan Hidup melalui Project-Based Learning untuk Mendukung Urban Farming di SMP

Arga Triyandana, Mimien Henie Irawati, Ibrohim Ibrohim, Susilowati Susilowati, Endang Budiasih

Abstract


Untuk memenuhi tuntutan hidup pada Abad 21, seseorang harus menguasai ways of thinking, ways of working, tools for working and skills for living in the word. Peran pendidikan yang sentral menfasilitasi kesiapan hidup pada Abad 21. Salah satu upaya pemerintah dalam bidang pendidikan adalah implementasi program Adiwiyata, yaitu kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. Urban farming merupakan salah satu kegiatan yang menuntut siswa untuk berpartisipatsi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran Ekosistem dan Lingkungan Hidup dengan project based learning dengan menggunakan penelitian dan pengembangan model Borg and Gall. Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh ahli desain pembelajaran dan praktisi pendidikan menunjukkan bahwa silabus, RPP, dan modul dengan klasifikasi valid dan dilakukan revisi ringan sehingga perangkat siap untuk diterapkan dalam pembelajaran. Validasi modul oleh ahli materi dan ahli media juga menunjukkan klasifikasi yang valid hanya diperlukan revisi ringan sehingga siap diterapkan dalam pembelajaran.


Keywords


pembelajaran ekosistem dan lingkungan hidup, project based learning, urban farming

Full Text:

Full Text