Perbedaan Hasil Belajar Kemampuan Gerak Dasar Melempar dan Koordinasi Kelincahan melalui Pembelajaran Bola Tangan

Jonni Siahaan

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bola tangan terhadap hasil belajar berupa peningkatan keterampilan gerak melempar dan koordinasi kelincahan. Penelitian ini tergolong pra eksperimen dengan disain the one group pre-posttest design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yakni pembelajaran bola tangan dan variabel terikat yakni keterampilan gerak melempar dan koordinasi kelincahan. Besar sampel penelitian sebesar 46 mahasiswa (sampel total). Instrumen penelitian yang digunakan adalah the back wall placement test untuk mengukur kemampuan gerak dasar melempar bola tangan dan the edgren side step test untuk mengukur kemampuan koordinasi kelincahan. Hasil penelitian adalah ; (1) Terdapat perbedaan signifikan kemampuan gerak dasar melempar bola tangan sebelum dan sesudah pembelajaran bola tangan selama satu semester (P.000 < α 0.05). (2) Terdapat perbedaan signifikan kemampuan koordinasi kelincahan sebelum dan sesudah pembelajaran bola tangan selama satu semester (P.000 < α 0.05).


Keywords


pembelajaran, bola tangan, melempar, kemampuan, kelincahan, koordinasi

Full Text:

Full Text