STUDI KOMPARATIF MINAT SISWA SMKN RSBI DAN SMAN RSBI DI KABUPATEN PAMEKASAN TERHADAP PEMBELAJARAN DIKJASORKES

Nofa Risman Hidayat, - Asim, - Sulistyorini

Abstract


Abstract: This study aims to identify and assess the student’s interests SMK RSBI and SMA RSBI and know the difference between a student's interests SMK RSBI and SMA RSBI in Pamekasan Dikjasorkes to learning. Using descriptive quantitative method and comparative survey design students’ interest towards learning among students Dikjasorkes RSBI with SMA SMK Negeri RSBI in Kabupeten Pamekasan. The results of this study showed that the average student interest by 114 SMK RSBI scores were in the range 93.6 to 115.1 including categories for medium and SMAN RSBI score of 108.6 in the range 93.6 to 115.1 including medium category. T-test results show the value of Sig. (0.009) <0.05, then Hois rejected means there is student interest SMK RSBI and SMA RSBI.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengkaji minat siswa SMKN RSBI dan SMAN RSBI serta mengetahui perbedaan antara minat siswa SMKN RSBI dan SMAN RSBI di Kabupaten Pamekasan terhadap pembelajaran Dikjasorkes. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan rancangan survei dan komparatif minat siswa terhadap pelajaran Dikjasorkes antara siswa SMK Negeri RSBI dengan SMA Negeri RSBI di Kabupeten Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata minat siswa SMKN RSBI sebesar 114 berada pada rentang skor 93,6–115,1 termasuk kategori sedang dan SMAN RSBI sebesar 108,6 berada pada rentang skor 93,6–115,1 termasuk kategori sedang. Hasil uji-t menunjukkan nilai Sig. (0,009) < 0,05, maka Hoditolak berarti terdapat perbedaan minat siswa SMKN RSBI dan SMAN RSBI.

Kata kunci: minat siswa, dikjasorkes, SMKN, SMAN, RSBI.

 

DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Budiwanto, Setyo. & Mu’arifin. 2006. Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Harlock, Elizabeth. 1993. Perkembangan Anak (Jilid 2). Jakarta: Erlangga. Husdarta, J.S. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani (Riduwan, M.B.A, Ed.). Bandung: ALFABETA. Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta. Subana, Rahadi, H. & Sudrajat. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Sudijono, A. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v24i1.4129