PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN ”TAKE AND RUN” DALAM PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK KELAS X SMK

Erik Setiya Prambudi, M E Winarno, - Saichudin

Abstract


Abstract: Development Playing Model “Take and Run” In Short Distance Run Learning on Classes X SMK, This study aims to find a way out of the problem a lack of interest of students towards learning materials sprint class X is to develop models of the game “Take and Run” in learning sprinting. Hopefully, this development can be a solution in learning so that students are more enthusiastic and happy in learning. Research conducted SMK Turen Widya Dharma includes research and development (research and development). The results of this study is the accuracy of product game “Take and Run” for use in class X SMK Turen Widya Dharma with evidence of the results of the evaluation trials with a small group of 10 students using the percentage of 86.88% was obtained, and in phase II trials (large groups ) using 30 students obtained the percentage of 81.58%, so the development of the game in the sprint learning in SMK Turen Widya Dharma can be used.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan kurangnya minat siswa terhadap materi pembelajaran lari jarak pendek kelas X yaitu dengan mengembangkan model-model permainan ”Take and Run”dalam pembelajaran lari jarak pendek. Diharapkan, pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran agar siswa lebih antusian dan senang dalam pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan SMK Widya Dharma Turen ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Hasil penelitian ini adalah ketepatan produk permainan ”Take and Run” untuk digunakan pada siswa kelas X SMK Widya Dharma Turen dengan bukti dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 10 siswa diperoleh persentase 86,88% , dan pada uji tahap II (kelompok besar) dengan menggunakan 30 siswa diperoleh persentase 81,58% sehingga pengembangan permainan dalam pembelajaran lari jarak pendek di SMK Widya Dharma Turen dapat digunakan.

Kata kunci: permainan “Take and Run”, lari jarak pendek.

DAFTAR RUJUKAN

Abdoellah, A. 1981. Olahraga Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: PT Sastra Budaya. Al-Mighwar, Muhammad. 2006. Psikologi Remaja. Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta: Pustaka Setia. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Lampiran Standar Isi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta. Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Educational Research An Introduction. New York: Longman. Budiningsih. C. A. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1988.Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Atletik. Jakarta: Pusat Perbukuan DEPDIKBUD Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dwiyogo, Wasis D. 2010. Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media. Furqon H., M. 2006. Mendidik Anak dengan Bermain. Surakarta: Program Studi D-2 Pendidikan Jasmani Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Hakiim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana PrimaHariyanto, D. 2011. Panduan Mata Kuliah Atletik I. Malang: IKIP Budi Utomo Malang. Khasanah I., Prasetyo A. & Rakhmawati E., 2011. Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA, 1 (1): 91-105. Mu’arifin. 2009. Dasar-dasar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: UM Press. Rahmatina. 2007.Penggunaan Permainan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 16 (1):77-90. Saputra, Y. M. 2001. Dasar-dasar Keterampilan Atletik Pendekatan Bermain untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Sumarjo. 2009. Pengaruh Interval Training dengan Istirahat Aktif dan Pasif Pada Lari Jarak Pendek. Majalah Jurnal Ilmiah UKHUWAH. 4 (3):343-351. Syarifuddin. 1997. Pokok-pokok Pengembangan Program Pembelajaran Penjas. Jakarta: Depdikbud. Widijoto, H. 2011. Buku Petunjuk Teknis Praktik Pengalaman Lapangan. Malang:Universitas Negeri Malang UPT Program Pengalaman Lapangan. Winarno, M.E. 2011. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani.Malang: Media Cakrawala Utama Press. Winarno, M.E. 2012. Pengembangan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Jasmani & Rohani. Makalah disajikan dalam pidato pengukuhan Guru Besar dalam bidang Ilmu Keolahragaan FIK UM, Malang, 5 Desember. Yudi M., Mulyanto. 2005. Metode Latihan Lari Cepat 100 meter. Jurnal IPTEK Olahraga. 7 (3):143-159.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v24i1.4130