PENGEMBANGAN ALAT SCORING COUNTER UNTUK PERTANDINGAN PENCAK SILAT DALAM KATEGORI TANDING UNTUK WASIT/ JURI PENCAK SILAT UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Arif Budi Raharjo, Eko Hariyanto, Sri Purnami

Abstract


Abstract: Development Tools for Game Scoring Counter Pencak Silat Match Category for The Referee/Judges Pencak Silat State University of Malang. Pencak Silat is a sport that competed, in a match to determine the winner of the martial arts should be assessed by the board of referees / judges, at the State University of Malang assessment martial arts matches are still using manual equipment which generated a lot of controversy, therefore it is necessary to develop tools Scoring Counter to match the category of martial arts match to referee / judge martial arts, State University of Malang. Using a model of development that Borg and Gall in adaptation: 1) determine the potential and problems of research; 2) gather information right; 3) designing the product; 4) validation of design; 5) design revisions; 6) Phase I trial; 7) revision II; 8) phase II trial; 9) of the final product. Based on the research results, this product has advantages in terms of four criteria: usability, ease, the attractiveness, and the accuracy

Abstrak: Pencak Silat adalah olahraga yang dipertandingkan, untuk mengetahui pemenang dalam pertandingan pencak silat maka harus dilakukan penilaian oleh dewan wasit/ juri, di Universitas Negeri Malang penilaian pertandingan pencak silat masih menggunakan peralatan manual yang banyak menim-bulkan kontrofersi, maka dari itu perlu dilakukan pengembangan alat Scoring Counter untuk pertandingan pencak silat dalam kategori tanding untuk wasit/ juri pencak silat Universitas Negeri Malang. Menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang di adaptasi: (1) menentukan potensi dan masalah penelitian; (2) mengumpul kan informasi (3) mendesain produk; (4) validasi desain (5) revisi desain; (6) uji coba tahap I; (7) revisi II; (8) uji coba tahap II; (9) produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian, produk ini memiliki kelebihan ditinjau dari empat kriteria yaitu kegunaan, kemudahan, kemenarikan, dan keakuratan.

Kata kunci: peraturan pertandingan, pencak silat, penilaian, scoring counter

DAFTAR RUJUKAN

Ardhana, W., 2002. Konsep Penelitian Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek., Jakarta:PT. Rineka Cipta. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek., Jakarta:PT. Rineka Cipta. Borg ,W.R & Gall, M,D., 1983. Educational Research An Introduction. New York & London: Longman. Dwiyogo, D, W. 2008. Aplikasi Teknologi Pembelajaran Media Pembelajaran Penjas & Olahraga.Malang: FIP UM. Kadir, A. 2001. Dasar Pemrograman Delphi 5.0. Yogyakarta: Andi Lubis, J. 2004. Pencak Silat Panduan Praktis. Jakarta: PT Rajagrafindo Perseda. Microsoft Powerpint 2010, (online), (http://isroi.wordpress.com, diakses 13 februari 2012) MUNAS IPSI XII. 2007. Peraturan Pertandingan Pencak Silat IPSI. Jakarta. Pengurus Besar IPSI, Jl. Taman Mini 1 Jakarta, TMII Jakarta Timur (13560). Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.,Bandung: CV. Alfabeta. Penelitian Media Komuter (online), ( http://www.klik-m.com), diakses 20 Desember 2012. Scoring Counter, (online), (http://id.wikipedia org. diakses 14 Desember 2012) Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Perseda. Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta Widijoto, H. 2006. Buku Petunjuk Teknis Praktik Pengalaman Lapangan. Universitas Negeri Malang.



DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v24i1.4195