PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN RENANG GAYA KUPU-KUPU MENGGUNAKAN ALAT BANTU HANDFIN DI KLUB OSCAR FAMILY CLUB KABUPATEN MALANG

Nur Cholis, Tatok Sugiarto, Usman Wahyudi

Abstract


ABSTRACT: The purpose of research and development is developing exercise model swim butterfly stroke use handfin. Data was collected with observation, distributed ques-tionnaire and analyzed with descriptive form of percentages. The research method is Research and Development from Borg and Gall and then used 7 out of 10 steps of the Research Development model. The research result is an exercise of butterfly stroke swimming model used handfin and packed in guidebook.

 

Key words: training methods, butterfly stroke, handfin.

 

ABSTRAK: Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangakan model latihan renang gaya kupu-kupu menggunakan alat bantu handfin. Data dikumpulkan dengan observasi dan pembagian angket dan dianalisis dengan deskriptif berupa per-sentase. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall serta menggunakan 7 dari 10 langkah pengembang-an. Hasil penelitian ini berupa model latihan renang gaya kupu-kupu menggunakan alat bantu handfin yang dikemas dalam bentuk buku panduan.

 

Kata Kunci : model latihan, renang gaya kupu-kupu, handfin


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v25i1.4904

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.17977/pj.v25i1.4904.g1291