PERBANDINGAN PENGARUH METODE BERMAIN KELOMPOK DAN INDIVIDU TERHADAP MINAT GERAK DASAR LARI DAN LOMPAT SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB BHAKTI LUHUR MALANG

Aloysius Gonzaga A.S.N, Asim Asim, I Nengah Sudjana

Abstract


Abtract:The purpose of this research is to compare the effect of the play methods interest groups and individuals to move running and jumping lightly retarded students in SDLB Bhakti Luhur Malang. Experiments with Randomized Posttest-Only Comparison Group Design are designed study have researchers as the study design. The subjects were 30 students with intellectual challenges in SDLB Bhakti Luhur Malang. Analysis of the data from this study in the form of  One Way Anova. Based on the calculation of F count less than (<) of F table (3,483 <4.20) and significant (α) greater than (>) 0.05 (0.73> 0.05). So we can conclude there is no difference in the basic motion interests run and jump towards the group and individual games.

Keywords:groups and individuals play method, mild retardation students

Abstrak:Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh metode bermain kelompok dan individu  terhadap minat bergerak berlari dan melompat siswa tunagrahita ringan di SDLB Bhakti Luhur Kota Malang. Eksperimen dengan bentuk Randomized Posttest-Only Comparison Two Group Design adalah rancangan penelitian yang dipilih peneliti sebagai rancangan penelitian. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa tunagrahita di SDLB Bhakti Luhur Kota Malang. Analisis data dari penelitian ini yaitu berupa teknik analisis varians satu jalur. Berdasarkan hasil perhitungan F hitung kurang dari (<) F tabel (3.483 < 4,20) dan signifikansi (α)  lebih besar dari (>) 0,05 (0,73 > 0,05). Jadi dapat disimpulkan tidak ada perbedaan pengaruh minat gerak dasar lari dan lompat pada permainan kelompok dan individu.

Kata kunci:metode bermain kelompok dan individu, siswa tunagrahita

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/pj.v26i1.7728

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.17977/pj.v26i1.7728.g3546