Jurnal Ilmu Pendidikan

Pengantar Redaksi

JIP diterbitkan sejak 21 Februari 1994 oleh LPTK se-Indonesia dan Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) bekerjasama dengan Bagian Proyek PGSM IBRD Loan 3979-IND, Ditjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 66b/DIKTI/Kep./2011 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun 2011 Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) telah diakreditasi 'B' sebagai jurnal ilmiah nasional. JIP terbit 2 kali setahun pada bulan Juni dan Desember.

JIP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang kependidikan yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari LPTK dan IAI/STAI Negeri dan Swasta seluruh Indonesia. Petunjuk penulisan artikel untuk JIP silahkan klik: Petunjuk Penulisan JIP.

Sebagai prasyarat bagi pemrosesan artikel, para penyumbang artikel wajib menjadi pelanggan JIP minimal selama 1 tahun. Penulis yang artikelnya dimuat wajib memberi kontribusi biaya cetak sebesar Rp. 750.000,-.

Formulir berlangganan silahkan klik: Formulir Berlangganan JIP.

 

Alamat Penyunting & Tata Usaha:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM)
Gedung H2, Lantai 2, Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Telp. (0341) 552-115
Homepage: http://journal.um.ac.id/index.php/jip
E-mail: mailto:jurnalilmupendidikan@gmail.com


Vol 19, No 1 (2013)

Table of Contents

Articles

PENDEKATAN INTERVENSI DINI, TINGKAT INTELIGENSI, DAN PENYESUAIAN DIRI ANAK USIA DINI Abstract
Purwati, Muhammad Japar
IMPROVING STUDENTS’ REPRESENTATIONAL SKILL AND GENERIC SCIENCE SKILL USING REPRESENTATIONAL APPROACH Abstract
Sutopo -
PROSES KOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA Abstract
Binur Panjaitan
SOAL CERITA DENGAN BAHASA KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR Abstract
Sumarwati -
ASSESSING NON-ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS’ MASTERY OF ACADEMIC CONTENT AREA READING Abstract
Gunadi H. Sulistyo
SIKAP GURU TAMAN KANAK-KANAK TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA Abstract
Sitti Hartinah DS, Teguh Setiawan
KEPEMIMPINAN, SISTEM DAN STRUKTUR ORGANISASI, LINGKUNGAN FISIK, DAN KEEFEKTIFAN ORGANISASI SEKOLAH Abstract
Connie Chairunnisa
MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN METHODS OF TEFL Abstract
Utami Widiati, Enny Irawati, Yazid Basth -
PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR MAHASISWA Abstract
Woro Sumarni, Sudarmin, Sri Kadarwati -
PROBLEM PENDIDIKAN VIDEO GAMES DALAM PERSPEKTIF TEORI SIMULACRA JEAN BAUDRILLARD Abstract
Siti Murtiningsih, Joko Siswanto, M. Mukhtasar Syamsudin
PENGEMBANGAN MODEL PENGELOLAAN PELATIHAN MOTIVASIONAL UNTUK MENDORONG AKTUALISASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU Abstract
Sultoni -
KESULITAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI DENGAN KELAINAN TUNAGRAHITA RINGAN Abstract
Ni Luh Putri
PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA Abstract
Irwandi -
MODEL TRIPRAKORO DALAM PEMBELAJARAN NILAI DAN KARAKTER KEPATUHAN UNTUK SEKOLAH DASAR Abstract
Sa’dun Akbar
FAKTOR-FAKTOR PENENTU KOMITMEN ORGANISASI GURU SMA Abstract
Tiur Asi Siburian
MODEL PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS MASYARAKAT Abstract
Achmad Rifa’i RC