Jurnal Ilmu Pendidikan

Pengantar Redaksi

JIP diterbitkan sejak 21 Februari 1994 oleh LPTK se-Indonesia dan Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) bekerjasama dengan Bagian Proyek PGSM IBRD Loan 3979-IND, Ditjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 66b/DIKTI/Kep./2011 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun 2011 Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) telah diakreditasi 'B' sebagai jurnal ilmiah nasional. JIP terbit 2 kali setahun pada bulan Juni dan Desember.

JIP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang kependidikan yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari LPTK dan IAI/STAI Negeri dan Swasta seluruh Indonesia. Petunjuk penulisan artikel untuk JIP silahkan klik: Petunjuk Penulisan JIP.

Sebagai prasyarat bagi pemrosesan artikel, para penyumbang artikel wajib menjadi pelanggan JIP minimal selama 1 tahun. Penulis yang artikelnya dimuat wajib memberi kontribusi biaya cetak sebesar Rp. 750.000,-.

Formulir berlangganan silahkan klik: Formulir Berlangganan JIP.

 

Alamat Penyunting & Tata Usaha:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM)
Gedung H2, Lantai 2, Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Telp. (0341) 552-115
Homepage: http://journal.um.ac.id/index.php/jip
E-mail: mailto:jurnalilmupendidikan@gmail.com


Vol 20, No 1 (2014)

Table of Contents

Articles

PENGARUH BACKGROUND MAHASISWA TERHADAP KINERJA AKADEMIK Abstract
Trianasari Angkawijaya, Yenny Sugiarti
PENGARUH PEMBELAJARAN KUANTUM BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENALARAN MAHASISWA Abstract
I Gusti Ngurah Japa
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KINERJA DOSEN Abstract
Rino
PENGUBAHAN KONSEP DIRI SEBAGAI KUNCI KEBERHASILAN PENDIDIKAN BAGI ANAK JALANAN Abstract
Sri Wahyuni
SCAFFOLDING DALAM MICROTEACHING KIMIA BERBASIS PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN SIKLUS BELAJAR Abstract
Abdullatif Nusu
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS INDUKTIF BERBASIS LAGU KREASI Abstract
Ni Made Ratminingsih
PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: PEMAHAMAN, METODE PENERAPAN, DAN PERANAN TIGA ELEMEN Abstract
Taufik
BEBAN KOGNITIF MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN FUNGSI TERINTEGRASI STRUKTUR TUMBUHAN BERBASIS DIMENSI BELAJAR Abstract
Adi Rahmat1, Anna Fitri Hindriana2
PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATAPELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Abstract
Siti Malikhah Towaf
PROFIL METAKOGNISI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH TERBUKA Abstract
Muhammad Sudia1, I Ketut Budayasa2, Agung Lukito2
MEMINIMALKAN MISKONSEPSI PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DENGAN PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN Abstract
Mursalin
PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA Abstract
Muh. Tawil
KOMUNIKASI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL Abstract
Syafruddin Wahid
MODEL BUDAYA BACA-TULIS BERBASIS BALANCE LITERACY DAN GERAKAN INFORMASI LITERASI DI SD Abstract
Yuliyati -