Jurnal Ilmu Pendidikan

Pengantar Redaksi

JIP diterbitkan sejak 21 Februari 1994 oleh LPTK se-Indonesia dan Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) bekerjasama dengan Bagian Proyek PGSM IBRD Loan 3979-IND, Ditjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 66b/DIKTI/Kep./2011 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun 2011 Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) telah diakreditasi 'B' sebagai jurnal ilmiah nasional. JIP terbit 2 kali setahun pada bulan Juni dan Desember.

JIP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang kependidikan yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari LPTK dan IAI/STAI Negeri dan Swasta seluruh Indonesia. Petunjuk penulisan artikel untuk JIP silahkan klik: Petunjuk Penulisan JIP.

Sebagai prasyarat bagi pemrosesan artikel, para penyumbang artikel wajib menjadi pelanggan JIP minimal selama 1 tahun. Penulis yang artikelnya dimuat wajib memberi kontribusi biaya cetak sebesar Rp. 750.000,-.

Formulir berlangganan silahkan klik: Formulir Berlangganan JIP.

 

Alamat Penyunting & Tata Usaha:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM)
Gedung H2, Lantai 2, Jl. Semarang No 5 Malang 65145
Telp. (0341) 552-115
Homepage: http://journal.um.ac.id/index.php/jip
E-mail: mailto:jurnalilmupendidikan@gmail.com


Vol 19, No 2 (2013)

Table of Contents

Articles

MODEL PENGORGANISASIAN PENDIDIKAN & LATIHAN (DIKLAT) GIZI BERBASIS MASYARAKAT Abstract
Atiek Zahrulianingdyah
PERANGKAT PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN SISWA SMA Abstract
Wenny Hulukati
PEMBELAJARAN BERMAKNA DENGAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Abstract
Eddy Sutadji, I Wayan Sutama, Askury Askury
PENGASUHAN ORANGTUA, BUDAYA SEKOLAH, BUDAYA MASYARAKAT, DAN EMPATI ANAK USIA REMAJA Abstract
Solfema -
DAMPAK PERMAINAN BOWLING TIRUAN TERHADAP KECAKAPAN MOTORIK ANAK TERBELAKANG MENTAL USIA DINI Abstract
Suparno -
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SEBAGAI INDIKATOR MUTU LAYANAN MANAJEMEN SEKOLAH Abstract
Teguh Triwiyanto
PENGGUNAAN TUTOR SEBAYA UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR Abstract
Rakimahwati -, Sri Hartati
MODEL PEMBELAJARAN NEUROLINGUISTIC PROGRAMMING BERORIENTASI KARAKTER BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA SMP Abstract
Wikanengsih -
PROBLEM BASED LEARNING, MOTIVASI BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL, DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK Abstract
Vebriyanti Dwi Anggraini1, Amat Mukhadis2, Muladi -
PENGETAHUAN TENTANG STRATEGI PEMBELAJARAN, SIKAP, DAN MOTIVASI GURU Abstract
Dadan Suryana
PENYELENGGARAAN PROGRAN SD-SMP SATU ATAP DALAM LATAR BUDAYA RUMAH BETANG KALIMANTAN TENGAH Abstract
Rudi Hasan
KARAKTERISASI KESALAHAN BERPIKIR SISWA DALAM MENGONSTRUKSI KONSEP MATEMATIKA Abstract
Subanji -, Toto Nusantara
KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING Abstract
Abu Bakar M.Luddin
PELAKSANAAN MODEL GURU KUNJUNG DI DAERAH TERPENCIL Abstract
Reddy Siram
POLA PENJAMINAN MUTU PADA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL BERBASIS NILAI-NILAI SEKOLAH Abstract
Asep Sunandar, Sunarni -, Desi Eri Kusumaningrum
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK USIA PRASEKOLAH MELALUI AKTIVITAS BERMAIN MODEL SKILL PLAY Abstract
Wahyuningsri -, Erlina Suci Astuti, Rossyana -
PENGAJUAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN KATEGORI INFORMASI Abstract
Abdul Rahman