Peningkatan Argumentasi Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Pembelajaran Esar (Engage, Study, Activate, Reflect)

Hadi Suwono, Elis Yulianingrum, Sulisetijono -

Abstract


Abstract: Improving Scientific Argumentation Skill of High School Students through ESAR (En- gage, Study, Activate, Reflect) Learning Model. One of the goals of biology learning in senior high schools is to develop scientific thinking skills, one component of which is scientific argumentation. This study aims to determine the effectiveness of ESAR learning model compared to lecture-problem- discussion (CSD) in improving students' scientific argumentation skill. Employing a non-randomized pretest-posttest design, this tudy involved two equal classes of SMA Negeri 1 Pagak Malang, East Java, which had been selected randomly. One class consisting of 20 students was assigned as an experimental group being taught using ESAR model, whereas the other was assigned as a control group being taught using CSD model. Students' scientific argumentation skill was measured using Scientific Argument Es- say Test consisting of 15 items reflecting argumentation indicators, comprising data, warrants, and claim. A scoring   rubric consisting of five levels of argumentation was employed to rate students’ essays. The results of comparing pre-test and post-test scores using ANACOVA show that ESAR learn- ing model effectively improved students' scientific argumentation skill. It is then recommended that ESAR learning model be used in biology learning to improve scientific argumentation skill of high school students..

 

Keywords: scientific argumentation, biology learning, ESAR learning model, CSD learning model

 

Abstrak: Peningkatan Argumentasi Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui ESAR (En- gage, Study, Activate, Reflect). Salah satu tujuan dari pembelajaran biologi di SMA adalah mengem- bangkan kemampuan berpikir ilmiah. Argumentasi ilmiah adalah salah satu komponen dari ke- terampilan berpikir ilmiah. Keterampilan ini dapat ditingkatkan melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ESAR dibandingkan dengan model pem- belajaran lecture-problem-discussion (CSD) dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan pretest-posttest nonrandomized control group. Dua kelas homogen di SMA Negeri 1 Pagak Malang dipilih secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas X IPA 2 yang terdiri dari 20 siswa dilibatkan dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran ESAR, sedangkan Kelas X IPA 3 yang terdiri dari 20 siswa dilibatkan dalam pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran CSD. Keterampilan argumentasi ilmiah siswa diukur mengunakan Tes Argumentasi Ilmiah, yang merupakan tes uraian terdiri dari 15 butir soal. Tes argumentasi ilmiah didasarkan pada indikator keterampilan argumentasi ilmiah yang meliputi data (bukti pernyataan), warrant (kebenaran data), dan claim (pernyataan argumentasi). Penilaian keterampilan argumentasi ilmiah menggunakan rubrik penilaian dengan lima tingkatan. Peningkatan keterampilan argumentasi ditentukan berdasarkan data tes awal dan tes akhir. Perbedaan peningkatan keterampilan argumentasi yang dihasilkan dari pembelajaran dengan model ESAR dan pembelajaran model CSD diuji meng- gunakan ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ESAR meningkatkan ke-terampilan argumentasi ilmiah siswa, lebih tinggi daripada model pembelajaran CSD. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan untuk menggunakan model pembelajaran ESAR dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa.

 

Kata Kunci: argumentasi ilmiah, pembelajaran biologi, model pembelajaran ESAR, model pembelajaran CSD.


Keywords


argumentasi ilmiah, pembelajaran biologi, model pembelajaran ESAR, model pembelajaran CSD

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v23i1.10751

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats