Pengembangan Afeksi Belajar di Sekolah Dasar

Made Pidarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan menemukan metode pengambangan afeksi di SD. Instrumen penelitian adalah observasi, wawancara, dan kajian dokumentasi. Analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengembangan afeksi belajar di SD menyatu dengan proses belajar-mengajar sehari-hari, yang mengandung faktor-faktor: guru menghormati martabat anak-anak, banyak belajar secara kelompok, orangtua ikut membantu anak-anak, manajemen kelas mengutamakan pengembangan afeksi, dan penilaian bersifat individual. Makna belajar adalah pengembangan sikap suka belajar, tahu cara belajar, percaya diri, dan puas akan keberhasilan yang dicapai

Keywords


Pengembangan, afeksi belajar, proses belajar-mengajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v3i3.1731

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats