Pembelajaran Biokimia melalui Analisis Kasus-kasus Olahraga untuk Meningkatkan Sport Scientific Literaci Mahasiswa

- Erman, - Liliasari

Abstract


Abstract: Biochemistry Teaching through Sport-case Analyses to Improve Students' Sport Scientific Literacy. This quasi-experimental study focuses on examining the effect of biochemistry teaching on students' sport scientific literacy (SSL). The study involved 107 students of a teacher training institution, selected using a stratified random sampling. The results of t-test utilizing pre-test and post-test control group design show that biochemistry teaching affects students' SSL, as indicated by the scores of the experimental group which were four times higher than those of the control group. The SSL level of the experimental group increased from level 2 (nominal) and level 3 (functional) to level 3 (functional), level 4 (conceptual), and level 5 (multidimensional).

Abstrak: Pembelajaran Biokimia melalui Analisis Kasus-kasus Olahraga untuk Meningkatkan Sport Scientific Literaci Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biokimia melalui analisis kasus-kasus olahraga terhadap literasi sport scientific mahasiswa. Sebanyak 107 mahasiswa dari program studi ilmu keolahragaan sebuah LPTK di Surabaya dipilih sebagai sampel dengan menggunakan sampling random berstrata. Desain yang digunakan adalah desain pretest-posttest control group dari desain kuasi eksperimen. Data dianalisis dengan uji-t sampel independen. Hasil peneliĀ­tian menunjukkan bahwa pembelajaran biokimia melalui analisis kasus-kasus olahraga merupakan suatu metode yang efektif untuk meningkatkan sport Scientific literacy (SSL) mahasiswa. Rerata skor perolehan SSL yang diperoleh mahasiswa kelompok eksperimen sekitar 4 kali lebih tinggi daripada yang diperoleh mahasiswa kelompok kontrol. Tingkatan SSL mahasiswa naik dari level 2 (nominal) dan level 3 (fungsional) menjadi level 3 (fungsional), level 4 (konseptual), dan level 5 (multidimensional).


Keywords


biochemistry teaching, sport-case analyses, sport scientific literacy, pembelajaran biokimia, analisis kasus olahraga, sport scientific literacy

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v18i1.3385

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats