PELAKSANAAN MODEL GURU KUNJUNG DI DAERAH TERPENCIL

Reddy Siram

Abstract


Abstract: The Implementation of Visiting Teachers Model in Remote Areas. This research project describes the planning, socialization, implementation of visiting teachers model. This multi-site research was carried out within the contexts of 3 primary schools in the Regency of Murung Raya. Participant ob­servations, in-depth interviews, and document analysis (documentation) were used to collect the data. The subjects as sources of the data include teachers, students, administrators, authority (in societal conven­tions), school principals, school superintendents, tutors, and skilled workers. The results show that the planning of the primary schools has been appropriate with the conditions: remote, dispersed, and isolated. The implementation has been supported by various stakeholders.

Abstrak: Pelaksanaan Model Guru Kunjung di Daerah Terpencil. Penelitian ini bertujuan mendeskrip­sikan perencanaan, sosialisaisi, dan pelaksanaan model guru kunjung. Penelitian multisitus ini dilaksanakan di 3 SD Kunjung di Kabupaten Murung Raya. Data dikumpulkan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data adalah guru, siswa, pejabat, tokoh adat, Kepala SDN Induk, Penilik, guru SD, tutor dan tenaga terampil dari masyarakat. Hasilnya menunjukkan bahwa perencanaan SD Kunjung sesuai dengan persyaratan terpencil, terpencar dan hambatan geografis. Perencanaan memerhati­kan kebutuhan masyarakat dan melibatkan berbagai pihak. Sosialisasi dilakukan oleh masyarakat, perusahaan, perangkat desa, kepala SD Induk-Basis, guru dan komite, yang memotivasi masyarakat tentang penting­nya pendidikan untuk penguatan kualitas hidup dan pemenuhan kebutuhan. SD kunjung dikepalai oleh Kepala SD Induk. Mereka dibantu oleh guru, tutor dan tenaga terampil, kios belajar, guru kunjung, dan karyawan perusahaan. Pemerintah desa, perusahaan, tokoh adat dan masyarakat membangun kios belajar dengan melibatkan berbagai pihak.


Keywords


visiting teachers, isolated villages

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v19i2.4217

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats