PENINGKATAN LITERASI SAINTIFIK SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MASALAH SOSIOSAINS

Hadi Suwono, Lutfi Rizkita, Herawati Susilo

Abstract


Abstrak: Peningkatan Literasi Saintifik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Masa­lah Sosiosains. Tantangan pembelajaran Biologi di Indonesia adalah meningkatkan literasi saintifik siswa. Peningkatan literasi saintifik dilakukan dengan intervensi pembelajaran berbasis masalah sosiosains (PBMS) merangsang siswa mengidentifikasi permasalahan dan pemecahannya secara multidisiplin dan kerja tim. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh PBMS terhadap peningkatan literasi saintifik siswa SMA melalui pendekatan kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized control group pretest-posttest. Dua kelas di SMA Negeri 4 Malang dipilih sebagai sampel penelitian. Literasi saintifik diukur dengan mengunakan Tes Literasi Saintifik, dan dianalisis dengan menggunakan ANAKOVA. Penelitian meng­ungkap bahwa PBMS dapat meningkatkan literasi saintifik siswa.


Keywords


literasi saintifik, pembelajaran biologi, pembelajaran berbasis masalah sosiosains

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v21i2.8367

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats