PENINGKATAN LITERASI SAINTIFIK SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MASALAH SOSIOSAINS
Abstract
Abstrak: Peningkatan Literasi Saintifik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Sosiosains. Tantangan pembelajaran Biologi di Indonesia adalah meningkatkan literasi saintifik siswa. Peningkatan literasi saintifik dilakukan dengan intervensi pembelajaran berbasis masalah sosiosains (PBMS) merangsang siswa mengidentifikasi permasalahan dan pemecahannya secara multidisiplin dan kerja tim. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh PBMS terhadap peningkatan literasi saintifik siswa SMA melalui pendekatan kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized control group pretest-posttest. Dua kelas di SMA Negeri 4 Malang dipilih sebagai sampel penelitian. Literasi saintifik diukur dengan mengunakan Tes Literasi Saintifik, dan dianalisis dengan menggunakan ANAKOVA. Penelitian mengungkap bahwa PBMS dapat meningkatkan literasi saintifik siswa.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v21i2.8367
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats